Universitas Islam Bandung Repository

Penegakkan Hukum Pidana Atas Perdagangan Kayu Illegal dalam Sistem Peradilan Pidana Dihubungkan dengan Kondisi Fungsi Hutan (Putusan Pengadilan Negeri Palangkaraya Nomor 89/Pid.Sus/2014/PN.PL.R)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Hukum
dc.creator Sitompul, Safira Aulia
dc.creator Harahap, Sholahuddin
dc.date 2019-01-17
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:30:38Z
dc.date.available 2019-09-10T01:30:38Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum/article/view/13802
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/20984
dc.description Abstract. The legal presence in the community includes integrating and coordinating interests that can collide with each other by the law being integrated so that collisions can be minimized. Organizing those interests is done by limiting and protecting those interests. Indeed, in a traffic of interest, protection of certain interests can only be done by limiting interests on the other hand. As is the case with regard to the Illegal Logging problem which is a forestry activity related to the harvesting, management, and trading of timber that is not in accordance with the law. One example is the illegal timber trade activity that has been decided by the Palangkaraya District Court Number. 89 / Pid.Sus / 2014 / PN.PL.R carried out by a driver who was asked to drive a truck that had been loaded with wood ready to be sent out of town. Keywords: Illegal Logging, Forest Function, Justice.Abstrak. Kehadiran hukum dalam masyarakat di antaranya adalah untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kepentingan - kepentingan yang bisa bertubrukan satu sama lain itu oleh hukum diintegrasikan sedemikian rupa sehingga tubrukan - tubrkan itu bisa ditekan sekecil - kecilnya. Pengorganisasian kepentingan - kepentingan itu dilakukan dengan membatasi dan melindungi kepentingan - kepentingan tersebut. Memang, dalam suatu lalu - lintas kepentingan, perlindungan terhadap kepentingan - kepentingan tertentu hanya dapat dilakukan dengan cara membatasi kepentingan di lain pihak. Seperti halnya terkait masalah Illegal Logging yang merupakan suatu kegiatan kehutanan yang berkaitan dengan pemanenan, pengelolaan, dan perdagangan kayu yang tidak sesuai dengan hukum. Salah satu contohnya ialah kegiatan perdagangan kayu illegal yang telah diputus oleh Pengadilan Negeri Palangkaraya Nomor. 89/Pid.Sus/2014/PN.PL.R yang dilakukan oleh seorang sopir yang dimintai untuk mengendarai mobil truk yang telah berisikan kayu yang siap dikirim ke luar kota. Kata Kunci : Illegal Logging, Fungsi Hutan, Keadilan.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum/article/view/13802/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Ilmu Hukum
dc.source Prosiding Ilmu Hukum; Vol 5, No 1, Prosiding Ilmu Hukum (Februari, 2019); 27-33
dc.source Prosiding Ilmu Hukum; Vol 5, No 1, Prosiding Ilmu Hukum (Februari, 2019); 27-33
dc.source 2460-643X
dc.subject Ilmu Hukum
dc.subject Illegal Logging, Fungsi Hutan, Keadilan.
dc.title Penegakkan Hukum Pidana Atas Perdagangan Kayu Illegal dalam Sistem Peradilan Pidana Dihubungkan dengan Kondisi Fungsi Hutan (Putusan Pengadilan Negeri Palangkaraya Nomor 89/Pid.Sus/2014/PN.PL.R)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Ilmu Hukum [914]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Hukum

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account