Universitas Islam Bandung Repository

STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TENAGA NONPENDIDIK UNISBA

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator MARIANI, MIRA
dc.creator SUHANA, SUHANA
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:51:04Z
dc.date.available 2019-09-10T01:51:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1596
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21096
dc.description Persaingan di dunia pendidikan semakin ketat. Beberapa Perguruan Tinggi berbenah diri untuk bersaing dengan menyelenggarakan BPM (Badan Penjamin Mutu) yang bertugas merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. BPM mendapatkan data mengenai keluhan-keluhan mahasiswa, yaitu mengenai ketersediaan informasi akademik (kalender akademik, jadwal kuliah, nilai, dll), keramahan dan sikap ingin membantu dari petugas layanan, fasilitas loket dan ruang kantor pelayanan, kecakapan dan kecepatan petugas dalam memberikan layanan, dan mengenai waktu layanan, jam buka dan jam tutup layanan. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman & Berry (1990) yang menyatakan kualitas pelayanan adalah besarnya perbedaan antara harapan konsumen dan persepsi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang lebih rinci mengenai aspek-aspek yang ada di dalam kualitas pelayanan yang di persepsi oleh mahasiswa Universitas Islam Bandung dilihat dari lima aspek dengan menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman & Berry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan jumlah subjek 106 mahasiswa Universitas Islam Bandung. Skala pengukuran untuk persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan tenaga nonpendidik Universitas Islam Bandung yaitu menggunakan model skala Likert. Hasil pengolahan data diketahui bahwa sebanyak 66,98% mahasiswa Universitas Islam Bandung memiliki persepsi yang negatif dan 33,02% mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap kualitas pelayanan tenaga nonpendidik UNISBA.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1596/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 612-619
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 612-619
dc.source 2460-6448
dc.subject Fakultas Psikologi / Prodi Psikologi
dc.subject Persepsi, Kualitas Pelayanan, Tenaga nonpedidik UNISBA
dc.title STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TENAGA NONPENDIDIK UNISBA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account