Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Trait Kepribadian Big Five Terhadap Persepsi pada Beban Kerja Kasir Toserba X di Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Shabrina, Shabrina
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:51:40Z
dc.date.available 2019-09-10T01:51:40Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5956
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21102
dc.description Abstract. Department store X is one of the biggest commerce company in Bandung. Since last year, one of the branch which located in east Bandung is getting complaint from the customer about the cashier. Based on the interview, cashier think the machine if often broken and affect to their job. Besides, cashier also complaining about their job, they think that their job is overload when its time to closed but the queue still long. This influenced by the perception of the workload. Based on Robbins theory, perception is affected by personality. In this case, cashier personality are variour, there's friendly, panic when get a complain from customer and some cashier who work diligently. This study is using causality methods. Respondent in this research are 27 cashier in department store X. Big five inventory measurement is used in this research as many as 40 items to measure big five personality, while the perception of workload measurement tools using a perceptual scale workload as much as 43 items. Statistical data processing using multiple regression, the result shows that the personality trait extraversion, neuroticism and conscientiousness are influence the cashier perception about the workload, while the personality trait openness and agreeableness not affect the cashier perception about the workload.Abstrak. Toserba X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan terbesar di kota Bandung. Salah satu cabang dari Toserba X berada di wilayah Bandung Timur. Selama kurang lebih satu tahun terakhir ini banyak mendapatkan keluhan dari konsumen mengenai pelayanan kasirnya. Berdasarkan hasil wawancara, kasir merasa mesin yang digunakan sering mengalami gangguan sehingga menghambat pekerjaan, kasir pun mengeluhkan bahwa pekerjaan terasa berat ketika Toserba sudah waktunya tutup dan antrian di meja kassa masih panjang. Hal ini dipengaruhi oleh persepsi beban kerja. Menurut teori Robbins bahwa persepsi dipengaruhi oleh kepribadian, dalam hal ini kepribadian beberapa kasir yang menunjukkan sikap ramah, memperlihatkan kepanikan ketika ada konsumen yang komplain, dan ada beberapa kasir yang bekerja dengan teliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan kasir Toserba X Bandung sebanyak 27 orang. Alat ukur kepribadian big five menggunakan Big Five Inventory (BFI) sebanyak 40 item, sedangkan alat ukur persepsi beban kerja menggunakan skala persepsi beban kerja sebanyak 43 item. Pengolahan data menggunakan statistik multiple regression, diperoleh hasil bahwa pada trait kepribadian extraversion, neuroticism, dan conscientiousness terdapat pengaruh terhadap persepsi beban kerja kasir, sedangkan pada trait kepribadian openness dan agreeableness tidak terdapat pengaruh terhadap persepsi beban kerja kasir.
dc.description Toserba X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan terbesar di kota Bandung. Salah satu cabang dari Toserba X berada di wilayah Bandung Timur. Selama kurang lebih satu tahun terakhir ini banyak mendapatkan keluhan dari konsumen mengenai pelayanan kasirnya. Berdasarkan hasil wawancara, kasir merasa mesin yang digunakan sering mengalami gangguan sehingga menghambat pekerjaan, kasir pun mengeluhkan bahwa pekerjaan terasa berat ketika Toserba sudah waktunya tutup dan antrian di meja kassa masih panjang. Hal ini dipengaruhi oleh persepsi beban kerja. Menurut teori Robbins bahwa persepsi dipengaruhi oleh kepribadian, dalam hal ini kepribadian beberapa kasir yang menunjukkan sikap ramah, memperlihatkan kepanikan ketika ada konsumen yang komplain, dan ada beberapa kasir yang bekerja dengan teliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan kasir Toserba X Bandung sebanyak 27 orang. Alat ukur kepribadian big five menggunakan Big Five Inventory (BFI) sebanyak 40 item, sedangkan alat ukur persepsi beban kerja menggunakan skala persepsi beban kerja sebanyak 43 item. Pengolahan data menggunakan statistik multiple regression, diperoleh hasil bahwa pada trait kepribadian extraversion, neuroticism, dan conscientiousness terdapat pengaruh terhadap persepsi beban kerja kasir, sedangkan pada trait kepribadian openness dan agreeableness tidak terdapat pengaruh terhadap persepsi beban kerja kasir.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5956/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 71-76
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 71-76
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject Big Five Personality Trait, Perception Workload, Cashier
dc.subject Psikologi
dc.subject Trait Kepribadian Big Five, Persepsi Beban Kerja, Kasir
dc.title Pengaruh Trait Kepribadian Big Five Terhadap Persepsi pada Beban Kerja Kasir Toserba X di Bandung
dc.title Pengaruh Trait Kepribadian Big Five Terhadap Persepsi pada Beban Kerja Kasir Toserba X di Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Metode Kausalitas


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account