Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Resistance To Change Karyawan Divisi Pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Puspaseruni, Madyasti Putri
dc.creator Widawati, Lisa
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:53:15Z
dc.date.available 2019-09-10T01:53:15Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4240
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21117
dc.description Abstract. This study aimed to get an idea of the degree of resistance to change in employee marketing division of PT. Telkom Indonesia Bandung. Now the corporation based on technology will be on progress and must to change, corporate frequently do the change for technology advancement and promotion of that company. Changes often occur in the marketing division of PT .Telkom , this is because this division must meet the demands of the company and also adjust to the state of the environment. Many changes made most of the employees in that division don’t want to go through the process changes that occur in the company or its called resistance to change. The data collection is done by using a questionnaire adaptation of resistance to change scale compiled by Shaul Oreg (2003). The method of this research is descriptive quantitative whos describe the phenomenon at the moment and the form of the results of the numbers that have a meaning.The results obtained for 86.1 % of employees with low RTC and 13.9 % high RTC. From the dimensions of RTC that is routine seeking, emotional reaction, short-term focus, dan cognitive rigidity. The most dominant dimension is the cognitive rigidity that is 80.6 %, which are mostly found in employees with low RTC. It means resistance to change of employees marketing division is in the level of cognition and empolyees behavior still limited to passive behavior which, if it allowed will potentially have a high resistance. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai derajat resistance to change pada karyawan divisi pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung. Dewasa ini perusahaan yang berbasis teknologi akan terus berkembang dan tidak akan luput dari perubahan, perubahan seringkali dilakukan perusahaan guna menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan memajukan perusahaan. Perubahan sering terjadi pada divisi pemasaran PT. Telkom, hal ini dikarenakan divisi ini tidak hanya harus memenuhi tuntutan perusahaan namun juga menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Banyaknya perubahan membuat sebagian besar karyawan pada divisi ini menimbulkan perilaku yang enggan untuk melewati proses perubahan yang terjadi di perusahaan atau disebut dengan resistance to change.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner adaptasi dari resistance to change scale yang disusun oleh Shaul Oreg (2003). Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang berarti gambaran fenomena yang sedang terjadi saat ini dan bentuk hasil penelitian berupa angka-angka yang memiliki makna. Hasil yang diperoleh sebesar 86,1% karyawan dengan RTC rendah dan 13,9% RTC tinggi. Dari keempat dimensi RTC yaitu routine seeking, emotional reaction, short-term focus, dan cognitive rigidity. Dimensi yang paling dominan ialah cognitive rigidity yaitu sebesar 80,6% yang sebagian besar terdapat pada karyawan dengan RTC rendah. Berarti sebagian besar penolakan karyawan berada dalam tataran kognisi dan tindakan yang dimunculkan masih sebatas tindakan pasif yang apabila dibiarkan akan berpotensi memiliki resisten tinggi. 
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai derajat resistance to change pada karyawan divisi pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung. Dewasa ini perusahaan yang berbasis teknologi akan terus berkembang dan tidak akan luput dari perubahan, perubahan seringkali dilakukan perusahaan guna menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan memajukan perusahaan. Perubahan sering terjadi pada divisi pemasaran PT. Telkom, hal ini dikarenakan divisi ini tidak hanya harus memenuhi tuntutan perusahaan namun juga menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Banyaknya perubahan membuat sebagian besar karyawan pada divisi ini menimbulkan perilaku yang enggan untuk melewati proses perubahan yang terjadi di perusahaan atau disebut dengan resistance to change.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner adaptasi dari resistance to change scale yang disusun oleh Shaul Oreg (2003). Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang berarti gambaran fenomena yang sedang terjadi saat ini dan bentuk hasil penelitian berupa angka-angka yang memiliki makna. Hasil yang diperoleh sebesar 86,1% karyawan dengan RTC rendah dan 13,9% RTC tinggi. Dari keempat dimensi RTC yaitu routine seeking, emotional reaction, short-term focus, dan cognitive rigidity. Dimensi yang paling dominan ialah cognitive rigidity yaitu sebesar 80,6% yang sebagian besar terdapat pada karyawan dengan RTC rendah. Berarti sebagian besar penolakan karyawan berada dalam tataran kognisi dan tindakan yang dimunculkan masih sebatas tindakan pasif yang apabila dibiarkan akan berpotensi memiliki resisten tinggi. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4240/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 811-816
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 811-816
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject resistance to change, marketing division, PT. Telkom Indonesia.
dc.subject Psikologi
dc.subject resistance to change, divisi pemasaran, PT. Telkom Indonesia.
dc.title Studi Deskriptif Resistance To Change Karyawan Divisi Pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung
dc.title Studi Deskriptif Resistance To Change Karyawan Divisi Pemasaran PT. Telkom Indonesia Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account