Universitas Islam Bandung Repository

HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMK AL-FALAH KOTA BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator MENTARI, ADINDA TRI
dc.creator ERYANI, RIA DEWI
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:55:10Z
dc.date.available 2019-09-10T01:55:10Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1249
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21135
dc.description Berdasarkan buku catatan siswa yang melakukan pelanggaran terbanyak yaitu pada kelas X sebanyak 26,02%. Pelanggaran yang dilakukan seperti membolos, terlambat, kabur pada saat jam pelajaran berlangsung, membuat kericuhan di kelas, tidak memperhatikan guru, melawan guru dan menyontek. Dalam mencapai penyesuaian sosial yang baik terdapat beberapa faktor yang berperan. Salah satu faktor yang terpenting adalah lingkungan keluarga, khususnya orang tua. Orang tua dalam hal ini dimaksudkan adalah ayah dan ibu yang akan membantu remaja untuk membuat keputusan-keputusan dan pesan-pesan yang mereka dapat dari lingkungan. Ketika siswa mengalami masalah di sekolah, siswa sangat membutuhkan bantuan dari orangtua dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya. Bantuan dari orang tua ini dapat dikatakan sebagai bentuk dukungan yang diberikan orang tua kepada siswa. Siswa mempersepsikan dukungan yang diberikan berbeda-beda dan orang tua memberikan dukungan berbeda-beda pula . Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa erat hubungan antara persepsi terhadap dukungan keluarga dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa kelas X SMK Al-Falah kota Bandung, dengan jumlah populasi sebanyak 50 siswa. Alat ukur persepsi terhadap dukungan keluarga yang digunakan adalah angket yang dikonstruksikan berdasarkan teori Sarafino, sedangkan alat ukur penyesuaian sosial di sekolah adalah berupa angket yang dikonstruksikan dari Schneiders. Pengelolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman, diperoleh rs=0,460 korelasi sedang/cukup, artinya terdapat hubungan positif yang sedang/cukup antara persepsi terhadap dukungan keluarga dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa kelas X SMK Al-Falah kota Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1249/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 294-299
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 294-299
dc.source 2460-6448
dc.subject Fakultas Psikologi
dc.subject dukungan keluarga, penyesuaian di sekolah, siswa SMK
dc.title HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMK AL-FALAH KOTA BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account