Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulated Learning pada Siswa Anggota Aktif Betops SMAN 9 Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Hilmayanti, Wina Lathifah
dc.creator S, Indri Utami
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:57:06Z
dc.date.available 2019-09-10T01:57:06Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6006
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21153
dc.description Abstract. The activeness of students in an extracurricular affect the academic performance. There are some researches said that, extracurricular activities that involves much physical activities take students’ energy and make them easily tired in class, so it affects their study performance. But the phenomenon that researchers found in Betops SMAN 9 Bandung, more than a half members achieved top 10 in their class. The purpose of this study is to find self-regulated learning on the active members of Betops SMAN 9 Bandung especially students who have been active for more than 2 semesters which are the class XI and XII. The methods used in this research is the methodology descriptive study. A subject in this study were 26 students of XI and XII extracurricular members of Betops SMAN 9 Bandung. Data collection used is a questionnaire about the 3 phases which are forethought, performance, and self reflection according to the theory of B. J. Zimmerman. Virtue of result of making the third entry phase self-regulated learning, phase forethought has the highest (65,3 %) or a certain number of 17 people students have a high score. The performance or volitional control is a phase that has as many frequency (50 %) between students who have low score (13 people) and high (13 people). While the self reflection has 42,3 % people that have low score (11 people). Based on data processing used calculation median 14 active members of Betops SMAN 9 Bandung have high score and 12 active members Betops SMAN 9 Bandung have low score of self-regulated learning. Abstrak. Keaktifan siswa dalam suatu ekstrakurikuler berpengaruh pada prestasi akademik. Terdapat sejumlah hasil penelitian yang mengatakan bahwa, kegiatan ekstrakurikuler yang banyak melibatkan aktivitas fisik akan menguras tenaga siswa yang kemudian membuat mereka letih, sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada psikis mereka dan menghasilkan prestasi yang rendah. Namun fenomena yang peneliti temukan di Betops SMAN 9 Bandung, terdapat lebih dari setengah anggotanyaI mendapatkan ranking 10 besar di kelasnya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self-regulated learning pada siswa anggota ekstrakurikuler kabaret Betops SMAN 9 Bandung khusunya yang telah aktif selama lebih dari 2 semester yaitu kelas XI dan XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa kelas XI dan XII anggota ekstrakurikuler kabaret Betops SMAN 9 Bandung. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner mengenai fase forethought, fase performance, dan fase self reflection sesuai dengan  teori dari B.J Zimmerman. Berdasarkan dari hasil pengambilan data ketiga fase self-regulated learning,  fase forethought mempunyai frekuensi terbanyak (65,3%) atau sejumlah 17 orang siswa memiliki nilai yang tinggi. Fase performance or volitional control merupakan fase yang mempunyai frekuensi sama banyaknya (50%) antara siswa yang memiliki nilai rendah (13 orang) dengan yang tinggi (13 orang).   Sedangkan  fase self reflection dengan persentase 42,3% merupakan fase rendah dengan frekuensi siswa terbanyak sejumlah 11 orang. Berdasarkan pengolahan data menggunakan perhitungan median terdapat 14 siswa anggota aktif Betops SMAN 9 Bandung dengan skor self-regulated learning tinggi dan 12 siswa anggota aktif Betops SMAN 9 Bandung dengan self-regulated learning rendah.
dc.description Keaktifan siswa dalam suatu ekstrakurikuler berpengaruh pada prestasi akademik. Terdapat sejumlah hasil penelitian yang mengatakan bahwa, kegiatan ekstrakurikuler yang banyak melibatkan aktivitas fisik akan menguras tenaga siswa yang kemudian membuat mereka letih, sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada psikis mereka dan menghasilkan prestasi yang rendah. Namun fenomena yang peneliti temukan di Betops SMAN 9 Bandung, terdapat lebih dari setengah anggotanyaI mendapatkan ranking 10 besar di kelasnya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self-regulated learning pada siswa anggota ekstrakurikuler kabaret Betops SMAN 9 Bandung khusunya yang telah aktif selama lebih dari 2 semester yaitu kelas XI dan XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa kelas XI dan XII anggota ekstrakurikuler kabaret Betops SMAN 9 Bandung. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner mengenai fase forethought, fase performance, dan fase self reflection sesuai dengan  teori dari B.J Zimmerman. Berdasarkan dari hasil pengambilan data ketiga fase self-regulated learning,  fase forethought mempunyai frekuensi terbanyak (65,3%) atau sejumlah 17 orang siswa memiliki nilai yang tinggi. Fase performance or volitional control merupakan fase yang mempunyai frekuensi sama banyaknya (50%) antara siswa yang memiliki nilai rendah (13 orang) dengan yang tinggi (13 orang).   Sedangkan  fase self reflection dengan persentase 42,3% merupakan fase rendah dengan frekuensi siswa terbanyak sejumlah 11 orang. Berdasarkan pengolahan data menggunakan perhitungan median terdapat 14 siswa anggota aktif Betops SMAN 9 Bandung dengan skor self-regulated learning tinggi dan 12 siswa anggota aktif Betops SMAN 9 Bandung dengan self-regulated learning rendah.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6006/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 173-178
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 173-178
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject Self-Regulated Learning, Active Students in Extracurricular, Achievement
dc.subject
dc.subject Self-Regulated Learning, Siswa aktif Ekstrakurikuler, Prestasi Akademik
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulated Learning pada Siswa Anggota Aktif Betops SMAN 9 Bandung
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulated Learning pada Siswa Anggota Aktif Betops SMAN 9 Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account