Universitas Islam Bandung Repository

Student Well-Being pada Siswa MTs X Cimahi

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Muhammad, Fathi
dc.creator Rosiana, Dewi
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:59:52Z
dc.date.available 2019-09-10T01:59:52Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7665
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21179
dc.description Kurikulum merupakan salah satu komponen utama pada sebuah sekolah. Di Indonesia, usaha peningkatan kualitas pendidikan lebih memfokuskan pada penambahan beban kognitif, sehingga kesejahteraan siswa kurang diperhatikan. MTs X memiliki kurikulum khas yang tidak hanya berusaha memperhatikan aspek kognitif layaknya kurikulum nasional, namun juga berusaha memperhatikan kesejahteraan siswanya. Siswa merasa senang bersekolah di MTs X. Alumninya pun merasa senang dan bangga dengan sekolah mereka dulu, karena banyak nilai yang tertanam dan membuat mereka berkembang. Ketika siswa merasa senang dan memiliki kesempatan untuk berkembang, maka mereka dapat dikatakan memiliki kesejahteraan yang baik. Kesejahteraan siswa dapat ditinjau melalui konsep student well-being. Menurut Soutter, student well-being merupakan konsep multi-dimensi yang muncul ketika individu berinteraksi dengan orang lain (lingkungannya), serta kondisi dimana hidup mereka berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (metode deskriptif). Pengumpulan data dilakukan terhadap populasi MTs X sebanyak 306 siswa dengan menggunakan kuisioner yang disusun berdasarkan teori student well-being (Soutter). Hasil yang diperoleh adalah 1) Sebanyak 89% siswa memiliki student well-being baik, sementara 11% siswa memiliki student well-being buruk; 2) Dari ketiga aspek student well-being, aspek appraisals memiliki jumlah siswa berkategori baik paling banyak, yaitu sebanyak 92%, sementara aspek action memiliki jumlah siswa berkategori buruk paling banyak, yaitu sebanyak 23%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7665/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 956-963
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 956-963
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi; Psikologi Pendidikan; Psikologi Positif
dc.subject Kurikulum, Madrasah Tsanawiyah, Student Well-Being
dc.title Student Well-Being pada Siswa MTs X Cimahi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif, Studi Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account