Universitas Islam Bandung Repository

STUDI DESKRIPTIF MENGENAI RESILIENSI IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB DARUL HIDAYAH KOTA BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi , Prodi Psikologi
dc.creator PUTRI, FRYDMONYA SUTARDI
dc.creator DJAMHOER, TEMI DAMAYANTI
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:01:28Z
dc.date.available 2019-09-10T02:01:28Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1618
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21194
dc.description Anak tunagahita merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang kondisi kecerdasannya mengalami hambatan, sehingga tidak mencapai tahapan perkembangan yang optimal. Anak tunagrahita ditandai dengan kemampuan intelektual dibawah rata-rata dan ketidakcakapan anak dalam berinteraksi sosial. Anak tunagrahita membutuhkan sistem pendidikan khusus, salah satunya dengan pendidikan formal di sekolah luar biasa (SLB). Ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah mampu bertahan dari situasi sulit yang mereka hadapi dalam mengasuh dan memberikan pendidikan pada anak tunagahita sehingga anak tersebut mampu untuk mandiri. Menurut Benard (2004), resiliensi merupakan kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan baik dan mampu berfungsi secara baik di tengah situasi yang menekan dan banyak halangan dan rintangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan resiliensi pada ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah kota Bandung dan aspek-aspek apa saja yang mendukung untuk pencapaian resiliensi tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 11 orang ibu yang memiliki anak tunagrahita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur resiliensi yang dikonstruksikan berdasarkan teori resiliensi dari Benard, dengan reliabilitas sebesar 0,968. Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 72,73% ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah memiliki tingkat resiliensi tinggi. Hal ini sesuai dengan persentase setiap aspek social competence sebesar 72,73%, problem solving skills sebesar 81,82%, autonomy sebesar 54,55%, dan sense of purpose and bright future sebesar 63,64% tergolong kategori tinggi.
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 620-626
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 620-626
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi/Psikologi
dc.subject Resiliensi, Tunagrahita, SLB Darul Hidayah
dc.title STUDI DESKRIPTIF MENGENAI RESILIENSI IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB DARUL HIDAYAH KOTA BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account