Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII M Di SMP Terbuka 27 Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Budirman, Cindy Aulia
dc.creator Eryani, Ria Dewi
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:01:34Z
dc.date.available 2019-09-10T02:01:34Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7473
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21195
dc.description SMPT 27 Bandung merupakan SMP Terbuka pertama di Kota Bandung, menginduk pada SMP Negeri 27 Bandung yang menyelenggarakan Tempat Kegiatan Belajar (TKB) Reguler. SMP Terbuka 27 Bandung memiliki visi-misi menciptakan sekolah terbuka yang unggul dalam bidang akademik dan non-akademik berdasarkan iman dan taqwa. Namun, tidak semua siswa memiliki prestasi yang baik. Sebagian besar siswa masih memperoleh nilai ujian di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Siswa tersebut kebanyakan adalah siswa-siswi kelas VIII M yang memiliki permasalahan dalam meregulasi, mengatur dan mengontrol kegiatan belajar secara mandiri (self-regulated learning) walaupun sudah didukung dengan fasilitas yang diberikan sekolah serta dukungan guru untuk menunjang perkembangan siswa secara akademis. Selain itu, siswa sebagai remaja yang berada dalam tahap perkembangan formal operasional, sudah seharusnya mampu berpikir abstrak dan mengarahkan tindakannya secara mandiri. Pengaturan diri dalam belajar terdiri dari tiga aspek regulasi kognisi, motivasi, dan perilaku (Zimmerman,1989). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self-regulated learning (SLR) siswa dengan menggunakan metode studi deskriptif pada 30 orang siswa kelas VIII M. Dari hasil penelitian diperoleh data sebanyak 20 orang siswa (66,66%) berada dalam kategori SLR rendah dan 10 orang siswa (33,33%) berada dalam kategori SLR tinggi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7473/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/7473/1286
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 673-678
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 673-678
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi, psikologi
dc.subject Self-regulated learning, smp terbuka, remaja
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII M Di SMP Terbuka 27 Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account