Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan Departemen Handuk Jahit PT X.

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Kusumastuti, Elvira Putri
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:07:35Z
dc.date.available 2019-09-10T02:07:35Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5994
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21249
dc.description Abstract. PT WISKA is a company that produces towels with diverse forms and models such as kimono, bathrobe, washlap, aprons, and others. Sewing Departemen are part spearheading the production of towels. There are a number of complaints from customers related to the quality of production, it also reinforced by the increased production of goods failure that occurred in the period of 2015-2016. It caused by dissatisfaction of Sewing departemen employees on the characteristics of work, it relates to employee perceptions regarding Laissez-faire leadership style. Based on this phenomenon, the problem is “How closely relations perception of laissez-faire leadership styles with job satisfaction Sewing Departemen PT X?”. The purpose of this research is to gain an empirical perception of Laissez-faire leadership style with the employee satisfaction. Researcher ysing correlational analysis techniques and population totaling 60 employee. Data collection technique used in this study were questionnaires, interviews, observation, and literature. Statistical technique used Rank Spearman correlational. The results of this study, correlation between job satisfaction with perception of laissez-faire leadership style PT X is = -0.653, that is a negative relations between job satisfaction with perception of laissez-faire leadership style. Abstrak. PT X adalah perusahaan yang memproduksi handuk dengan beraneka ragam bentuk dan model seperti kimono, baju mandi, washlap, celemek, dan lain-lain. Departemen handuk jahit adalah bagian yang menjadi ujung tombak produksi handuk. Terdapat beberapa keluhan dari pelanggan berkaitan dengan kualitas hasil produksi, hal ini juga diperkuat oleh peningkatan barang gagal produksi yang terjadi pada kurun waktu tahun 2015-2016. Hal ini diakibatkan oleh ketidakpuasan yang dikeluhkan oleh karyawan departemen Handuk Jahit mengenai karakteristik-karakteristik pekerjaan hal ini berkaitan dengan Persepsi karyawan mengenai gaya kepemimpinan Laissez-Faire yang diterapkan oleh kepala bagian. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini  adalah “Seberapa Erat Hubungan Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Bagian Handuk Jahit PT X?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empirik mengenai hubungan persepsi terhadap Gaya kepemimpinan Laissez-faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan studi populasi terhadap 60 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuisoner. Teknik statistik menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh = -0.653 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara persepsi Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan Departemen Handuk Jahit PT X.
dc.description PT X adalah perusahaan yang memproduksi handuk dengan beraneka ragam bentuk dan model seperti kimono, baju mandi, washlap, celemek, dan lain-lain. Departemen handuk jahit adalah bagian yang menjadi ujung tombak produksi handuk. Terdapat beberapa keluhan dari pelanggan berkaitan dengan kualitas hasil produksi, hal ini juga diperkuat oleh peningkatan barang gagal produksi yang terjadi pada kurun waktu tahun 2015-2016. Hal ini diakibatkan oleh ketidakpuasan yang dikeluhkan oleh karyawan departemen Handuk Jahit mengenai karakteristik-karakteristik pekerjaan hal ini berkaitan dengan Persepsi karyawan mengenai gaya kepemimpinan Laissez-Faire yang diterapkan oleh kepala bagian. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini  adalah “Seberapa Erat Hubungan Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Bagian Handuk Jahit PT X?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empirik mengenai hubungan persepsi terhadap Gaya kepemimpinan Laissez-faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan studi populasi terhadap 60 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuisoner. Teknik statistik menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh = -0.653 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara persepsi Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan Departemen Handuk Jahit PT X.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/5994/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 140-144
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 140-144
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject laissez-faire leadership style, job satisfaction, employee
dc.subject Psikologi
dc.subject Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire, Kepuasan Kerja, Karyawan
dc.title Hubungan Antara Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan Departemen Handuk Jahit PT X.
dc.title Hubungan Antara Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dengan Kepuasan Kerja Karyawan Departemen Handuk Jahit PT X.
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account