Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter oleh Guru pada Siswa di Sd Gagas Ceria Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Hanidya, Indri
dc.creator Wangi, Eneng Nurlalili
dc.date 2019-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/17174
dc.description Abstract. Character is the foundation of human life. Education can be done at school. Character education is an effort that is done intentionally to help someone to know, understand, and act in accordance with the ethics that apply in society. The teacher is the model and character of students in the school. One of the schools that has a character education program is Gagas Ceria Elementary School Bandung. This research was designed to describe and obtain an overview of the character education programs that exist at SD Gagas Ceria Bandung. The method used in this study is a descriptive study with subjects totaling 24 teachers. Data collection using the Twelve Component Assessment and Planning (TCAP) measurement tool. The results of this study are the character education program at Gagas Ceria Elementary School Bandung which has been effective with a percentage value of 79%.Keywords: Character education, Teacher, Elementary School Abstrak. Karakter merupakan pondasi kehidupan manusia. Karakter dapat dibentuk salah satunya melalui pendidikan di sekolah. Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja untuk membantu seseorang agar dapat mengetahui, memahami, dan bertindak sesuai dengan etika yang berlaku di masyarakat (Lickona, 2012). Guru merupakan model serta pembentuk karakter siswa di sekolah. Salah satu sekolah yang memiliki program pendidikan karakter yaitu SD Gagas Ceria Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh gambaran mengenai program pendidikan karakter yang terdapat di SD Gagas Ceria Bandung. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan subjek sebanyak 24 orang guru. Pengumpulan data dengan menggunakan alat ukur Twelve Component Assessment and Planning (TCAP). Hasil dari penelitian ini yaitu program pendidikan karakter di SD Gagas Ceria Bandung sudah berjalan secara efektif dengan nilai persentase sebesar 79%.Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Guru, Sekolah Dasar
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/17174/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2019); 585-592
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2019); 585-592
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Pendidikan Karakter, Guru, Sekolah Dasar
dc.title Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter oleh Guru pada Siswa di Sd Gagas Ceria Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account