Universitas Islam Bandung Repository

Gambaran Adversity Quotient pada Guru Kelas Akselerasi di SD Ar Rafi’ Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Eliska, Eliska
dc.creator Eryani, Ria Dewi
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:14:35Z
dc.date.available 2019-09-10T02:14:35Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3813
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21314
dc.description Abstract. Special Education is one of the programs that cater for learners who have special potential intelligence. One school held a special intelligence program (acceleration) is SD Ar Rafi '. The teachers who teach in class acceleration aware of so many difficulties they encountered in carrying out his duties as a teacher. There are teachers who optimize its ability to overcome difficulties, but there are also teachers who have not been optimal in overcoming difficulties. According to Paul G. Stolz, Adversity Quotient is the ability to process trouble with intellectual capital. Adversity Quotient can be seen from a person's ability to control difficulties, the ability to recognize what causes difficulties, the ability of recognizing the effects caused by the difficulties, the ability to limit the reach of difficulty, as well as the durability in the face of adversity. The purpose of this study was to obtain a description of Adversity Quotient In Teacher Class Acceleration in SD Ar Rafi 'Bandung. The method used is descriptive method with the number of subjects by 12 teachers. The data collection is done by using a measuring instrument that was developed based on the dimensions of the Adversity Quotient of Paul G. Stolz. There are 32 items that valid normative Spearman-Brown and had a reliability 0.883. Based on the results of data processing is known that 67% of teachers have moderate Adversity Quotient (campers). The highest scores are the dimensions of Endurance, the lowest score on the dimensions contained Reach. Abstrak. Pendidikan khusus merupakan salah satu program yang diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa. Salah satu sekolah yang menyelenggarakan program kecerdasan istimewa (akselerasi) adalah SD Ar Rafi’. Para guru yang mengajar di kelas akselerasi menyadari begitu banyak kesulitan yang mereka temui dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Terdapat guru yang mengoptimalkan kemampuannya dalam mengatasi kesulitannya, namun ada juga guru yang belum optimal dalam mengatasi kesulitannya. Menurut Paul G. Stolz , adversity quotient adalah kemampuan seseorang dalam mengolah kesulitan dengan kecerdasan yang dimiliki. Adversity Quotient dapat dilihat dari kemampuan seseorang untuk mengendalikan kesulitan, kemampuan mengakui apa yang menjadi penyebab kesulitan, kemampuan mengakui akibat yang ditimbulkan oleh kesulitan, kemampuan membatasi jangkauan kesulitan, serta daya tahan dalam menghadapi kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran Adversity Quotient Pada Guru Kelas Akselerasi di SD Ar Rafi’ Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 12 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang dikembangkan berdasarkan dimensi-dimensi Adversity Quotient dari Paul G. Stolz. Terdapat 32 item yang valid berdasarkan norma Spearman-Brown dan memiliki reliabilitas 0,883. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa sebanyak 67 % guru memiliki Adversity Quotient sedang (campers). Skor yang paling tinggi terdapat pada dimensi Endurance, skor terendah terdapat pada dimensi Reach.
dc.description Pendidikan khusus merupakan salah satu program yang diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa. Salah satu sekolah yang menyelenggarakan program kecerdasan istimewa (akselerasi) adalah SD Ar Rafi’. Para guru yang mengajar di kelas akselerasi menyadari begitu banyak kesulitan yang mereka temui dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Terdapat guru yang mengoptimalkan kemampuannya dalam mengatasi kesulitannya, namun ada juga guru yang belum optimal dalam mengatasi kesulitannya. Menurut Paul G. Stolz , adversity quotient adalah kemampuan seseorang dalam mengolah kesulitan dengan kecerdasan yang dimiliki. Adversity Quotient dapat dilihat dari kemampuan seseorang untuk mengendalikan kesulitan, kemampuan mengakui apa yang menjadi penyebab kesulitan, kemampuan mengakui akibat yang ditimbulkan oleh kesulitan, kemampuan membatasi jangkauan kesulitan, serta daya tahan dalam menghadapi kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran Adversity Quotient Pada Guru Kelas Akselerasi di SD Ar Rafi’ Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 12 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang dikembangkan berdasarkan dimensi-dimensi Adversity Quotient dari Paul G. Stolz. Terdapat 32 item yang valid berdasarkan norma Spearman-Brown dan memiliki reliabilitas 0,883. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa sebanyak 67 % guru memiliki Adversity Quotient sedang (campers). Skor yang paling tinggi terdapat pada dimensi Endurance, skor terendah terdapat pada dimensi Reach.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3813/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 547-552
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 547-552
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Adversity Quotient, The Acceleration Program, The Class Teacher Acceleration
dc.subject Psikologi
dc.subject Adversity Quotient, Program Akselerasi, Guru Kelas Akselerasi
dc.title Gambaran Adversity Quotient pada Guru Kelas Akselerasi di SD Ar Rafi’ Bandung
dc.title Gambaran Adversity Quotient pada Guru Kelas Akselerasi di SD Ar Rafi’ Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [799]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account