Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara College Adjustment dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA Angkatan 2017 yang Berprestasi Rendah

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.creator Fitria, Zharfa
dc.creator Susandari, Susandari
dc.date 2019-01-22
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:17:12Z
dc.date.available 2019-09-10T02:17:12Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/14200
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21338
dc.description Abstract. First year students when entering College have to make adjustments from senior high school to the higher education. During the adjustment process, these students experience various kinds of  problems thats occur in the College both academically and socially. The problems would be in academic, social, personal-emotional, and institution attachment areas. The purpose of this study was to find relationship between College Adjustment and Achievement in first year students of the Faculty of Psychology UNISBA with low achievement. The method used was a correlational, which is a method used to determine the relationship or attachment between one variable and another variable. The subjects were 32 students of the 2017 Psychology Faculty of UNISBA who have GPA <2.5. The results is there is  high correlation (rs = 0.807) it can be concluded that the lower college adjustment of UNISBA psychology faculty students, the lower, the achievement.Keywords: College Adjustment, Achievement, First Year StudentAbstrak. Mahasiswa baru ketika memasuki perguruan tinggi melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungannya, dari Sekolah Menengah Pertama bertransisi ke Perguruan Tinggi. Selama proses penyesuaian diri, mahasiswa baru ini mengalami berbagai macam perubahan yang terjadi di lingkungan Perguruan Tinggi baik secara akademik maupun sosial, dengan perubahan yang terjadi muncul masalah-masalah yang dialami oleh mahasiswa baru. Berbagai macam persoalan selama proses penyesuaian diri di perguruan tinggi baik dalam hal penyesuaian akademik, penyesuaian sosial , penyesuaian personal emosional maupun terhadap kelekatan dengan Institusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan Hubungan College Adjustment dengan Prestasi belajar pada mahasiswa fakultas Psikologi UNISBA angkatan 2017 yang berprestasi rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional, yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan atau keterikatan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang mahasiswa  fakultas Psikologi Unisba angkatan 2017 yang memiliki IPK <2,5. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan taraf signifikansi a  =  0,01 diperoleh nilai korelasi rs= 0,807 dengan thit= 37.19 dan ttab= 2,04 Hal ini berarti Ho ditolak dan Hi diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara College Adjustment dengan prestasi belajar. Hubungan ini bersifat positif artinya semakin rendah College Adjustment mahasiswa fakultas psikologi UNISBA angkatan 2017 maka semakin rendah pula prestasi belajarnya. Sedangkan berdasarkan uji koefesien determinasi, College Adjustment memberikan kontribusi sebesar 65,12% terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas Psikologi UNISBA angkatan 2017.Kata kunci: Penyesuaian diri di perguruan tinggi, Prestasi Belajar, Mahasiswa tahun petama
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/14200/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2019); 88-94
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2019); 88-94
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Kata kunci: Penyesuaian diri di perguruan tinggi, Prestasi Belajar, Mahasiswa tahun petama
dc.title Hubungan antara College Adjustment dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA Angkatan 2017 yang Berprestasi Rendah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account