Universitas Islam Bandung Repository

Perilaku Prososial pada Guru Sekolah Dasar Inklusi Islam di Kabupaten Bandung Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Hanifah, Faza Dinan
dc.creator Hamdan, Stephani Raihana
dc.date 2019-08-06
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/16891
dc.description Abstract. West Bandung Regency is one of the developing regions, including in the education of children with special needs. The majority of Inclusion schools in West District are Islamic based schools, namely Sekolah Interaktif Gemilang Mutafanin, Sekolah Interaktif Abdussalam, Sekolah Islam Terpadu Al-Amin dan Sekolah Plus Arafah. The teachers in the school work on the basis of worship so they can face the difficulties they face even though the salary is below the UMR. In fact, the teachers are willing to donate their personal money to help the students, work more than the jobdesc, and work outside of working hours. The purpose of this study is to get a description of prosocial behavior in Islamic based inclusion school teachers in West Bandung Regency. This research is a descriptive study with a population of 74 teachers. The measuring instrument used is The Prosocialness Scale for Adults constructed by Gian Vittorio Caprara (2005). Based on the results of the study, it was found that 74.33% of teachers had high prososoial and 25.67% in the moderate category. Keywords: Prosocial, Islamic Based InclusionAbstrak. Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu daerah yang sedang berkembang, termasuk dalam bidang pendidikan anak berkebutuhan khusus. Mayoritas sekolah Inklusi di Kabupaten Barat adalah Sekolah berbasis Islam, yaitu Sekolah Interaktif Gemilang Mutafanin, Sekolah Interaktif Abdussalam, Sekolah Islam Terpadu Al-Amin dan Sekolah Plus Arafah. Para guru disekolah tersebut bekerja atas dasar ibadah sehingga bisa menghadapi kesulitan yang dihadapinya meskipun gaji dibawah Upah Minimal Regional (UMR). Bahkan, para guru rela untuk menyumbangkan uang pribadinya untuk membantu siswa yang diajarnya. Bekerja lebih dari yang ditugaskan, dan bekerja diluar jam kerja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran perilaku prososial pada guru sekolah inklusi berbasis Islam di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 74 guru.  Alat ukur yang digunakan adalah The Prosocialness Scale for Adults yang dikonstruksi oleh Gian Vittorio Caprara (2005). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 74,33% guru memiliki prososoial tinggi dan 25,67% lainya berada pada kategori sedang.Kata Kunci: Prososial, Inklusi berbasis Islam
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/16891/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2019); 395-401
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2019); 395-401
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Prososial, Inklusi berbasis Islam, Prosocial, Islamic Based Inclusion
dc.title Perilaku Prososial pada Guru Sekolah Dasar Inklusi Islam di Kabupaten Bandung Barat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account