Universitas Islam Bandung Repository

Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa TK A Melalui Metode Role Play BCCT (Beyond Centers And Circle Times) Di Tk Centeh Bandung (Studi Pada Anak Dengan Kepercayaan Diri Rendah)

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor
dc.creator Pahmawati, Azizah
dc.creator Damayanti Dj, Temi
dc.date 2018-08-06
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:24:51Z
dc.date.available 2019-09-10T02:24:51Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11725
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21404
dc.description Abstract. In TK Centeh looks still many children who lack confidence. This can be seen from children who are more silent when asked by the teacher to do assignments, are embarrassed to appear in public, and are more often alone than joining other friends. Lack of confidence in children will make it difficult for them to socialize with other people in their environment. To handle such confidence issues, it's can be handled by providing the right method of learning in school to increase the confidence of children (Restu, 2013). One method of learning that can be used is the method of the role play of the BCCT (Beyond Centers and Circle Times). This study aims to find out that the method of playing the role of BCCT can increase children's self-confidence in TK Centeh Bandung. Subjects in this study were students of TK A at TK Centeh Bandung. The method used is True Experimental with Posttest-Only Control Design design. Data collection is done by using a measuring instrument in the form of observation with a checklist recording technique that lists the child's self-confidence behavior. The sampling technique used is random sampling. Based on the results of data processing obtained the results of t = 6.56 with tα = 2.831, so that t ≥ tα. This shows that on average there is a difference in the level of confidence of children in the experimental group with the control group children. This means that the role playing method BCCT can increase the confidence of children in TK Centeh Bandung.Keywords :Role Play BCCT(Beyond Centers And Circle Times), Self Confidence, Posttest- Only Control DesignAbstrak. Di TK Centeh terlihat masih banyak anak yang kurang memiliki kepercayaan diri. Hal ini terlihat dari anak yang lebih banyak diam saat diminta guru mengerjakan tugas, malu untuk tampil di depan umum, dan lebih sering menyendiri dibandingkan bergabung dengan temannya yang lain. Kurangnya kepercayaan diri pada anak akan membuat ia kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain di lingkungannya. Untuk menangani permasalahan kepercayaan diri tersebut, dapat ditangani salah satunya dengan pemberian metode pembelajaran yang tepat di sekolah agar meningkatkan kepercayaan diri anak (Restu,2013). Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan ialah metode bermain peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran BCCT dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Centeh Bandung. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa TK A di TK Centeh Bandung. Metode yang digunakan ialah True Experimental dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa observasi dengan teknik pencatatan checklist yang berisi daftar perilaku kepercayaan diri anak. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil t = 6,56 dengan tα = 2,831, sehingga t ≥ tα. Hal ini menunjukkan bahwa secara rata-rata terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri anak kelompok eksperimen dengan anak kelompok kontrol. Artinya metode bermain peran BCCT dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Centeh Bandung.Kata Kunci: Bermain Peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times), Kepercayaan Diri, Posttest- Only Control Design
dc.description Abstrak. Di TK Centeh terlihat masih banyak anak yang kurang memiliki kepercayaan diri. Hal ini terlihat dari anak yang lebih banyak diam saat diminta guru mengerjakan tugas, malu untuk tampil di depan umum, dan lebih sering menyendiri dibandingkan bergabung dengan temannya yang lain. Kurangnya kepercayaan diri pada anak akan membuat ia kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain di lingkungannya. Untuk menangani permasalahan kepercayaan diri tersebut, dapat ditangani salah satunya dengan pemberian metode pembelajaran yang tepat di sekolah agar meningkatkan kepercayaan diri anak (Restu,2013). Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan ialah metode bermain peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran BCCT dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Centeh Bandung. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa TK A di TK Centeh Bandung. Metode yang digunakan ialah True Experimental dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa observasi dengan teknik pencatatan checklist yang berisi daftar perilaku kepercayaan diri anak. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil t = 6,56 dengan tα = 2,831, sehingga t ≥ tα. Hal ini menunjukkan bahwa secara rata-rata terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri anak kelompok eksperimen dengan anak kelompok kontrol. Artinya metode bermain peran BCCT dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Centeh Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11725/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/11725/2442
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 1058-1063
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 1058-1063
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Bermain Peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times), Kepercayaan Diri, Posttest- Only Control Design
dc.subject
dc.subject Bermain Peran BCCT (Beyond Centers And Circle Times), Kepercayaan Diri, Posttest- Only Control Design
dc.title Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa TK A Melalui Metode Role Play BCCT (Beyond Centers And Circle Times) Di Tk Centeh Bandung (Studi Pada Anak Dengan Kepercayaan Diri Rendah)
dc.title Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa TK A Melalui Metode Role Play BCCT (Beyond Centers And Circle Times) Di Tk Centeh Bandung (Studi Pada Anak Dengan Kepercayaan Diri Rendah)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account