Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Self Control dengan Obedience pada Siswa Kelas VIII SMP Istiqamah Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nabila, Hannah
dc.creator Noor, Hasanuddin
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:25:20Z
dc.date.available 2019-09-10T02:25:20Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3822
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21408
dc.description Abstract. Religion education is such an important thing. One way to give this out is by submitting their children to a religious-based school beacuse it leads the students to be religious also. Students in SMP Istiqamah are religous. Though there are some of them who did not abide the established regulations. Self control is the ability control and manage behaviour to match the situation and condition. The purpose of this research is to see the relation between self control and obedience in VIII grade at SMP Istiqamah bandung. The method used in this research is correlation. The subjects are 60 students as population. Data collection is using phsycology scale based on Averill and Blass’s theory. Based on data process result using Rank Spearman, it appears that there is significant correlation between self control and obedience. Among 60 students, 40 of them have high level of self control, and 20 have moderate level. Also, 39 students have high level of obedience and 21 are moderate. Abstrak. Pendidikan agama merupakan hal yang penting. Salah satu cara memberikan pendidikan agama adalah dengan menyekolahkan pada sekolah berbasis agama. Sekolah berbasis agama mengarahkan siswanya untuk menjadi siswa yang religius. Siswa di sekolah SMP Istiqamah ini merupakan siswa yang religius. Namun, siswa di sekolah ini masih banyak melakukan pelanggaran dan tidak mematuhi peraturan yang ada. Self control adalah kemampuan untuk mengontrol dan mengelola perilaku sesuai situasi dan kondisi. Tujuan penelitian ini  untuk melihat keeratan hubungan antara self control dengan obedience pada siswa kelas VIII SMP Istiqamah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian sebanyak 60 siswa yang merupakan populasi. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang didasarkan pada teori Averill dan Blass. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Rank Spearman, menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara self control dengan obedience. Dari 60 siswa terdapat 40 siswa memiliki self control yang tinggi, 20 orang memiliki self control yang sedang. Terdapat 39 siswa memiliki obedience tinggi dan 21 siswa memiliki obedience sedang. 
dc.description Pendidikan agama merupakan hal yang penting. Salah satu cara memberikan pendidikan agama adalah dengan menyekolahkan pada sekolah berbasis agama. Sekolah berbasis agama mengarahkan siswanya untuk menjadi siswa yang religius. Siswa di sekolah SMP Istiqamah ini merupakan siswa yang religius. Namun, siswa di sekolah ini masih banyak melakukan pelanggaran dan tidak mematuhi peraturan yang ada. Self control adalah kemampuan untuk mengontrol dan mengelola perilaku sesuai situasi dan kondisi. Tujuan penelitian ini  untuk melihat keeratan hubungan antara self control dengan obedience pada siswa kelas VIII SMP Istiqamah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian sebanyak 60 siswa yang merupakan populasi. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang didasarkan pada teori Averill dan Blass. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Rank Spearman, menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara self control dengan obedience. Dari 60 siswa terdapat 40 siswa memiliki self control yang tinggi, 20 orang memiliki self control yang sedang. Terdapat 39 siswa memiliki obedience tinggi dan 21 siswa memiliki obedience sedang. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3822/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 571-576
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 571-576
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Self Control, Obedience, Junior High Student
dc.subject Psikologi
dc.subject Self Control, Obedience, Siswa SMP.
dc.title Hubungan antara Self Control dengan Obedience pada Siswa Kelas VIII SMP Istiqamah Bandung
dc.title Hubungan antara Self Control dengan Obedience pada Siswa Kelas VIII SMP Istiqamah Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account