Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Flow ( Studi pada Pesantren Mahasiswa Baru Unisba Angkatan 2015 )

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Millatina, Silmi
dc.creator Rosiana, Dewi
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:28:00Z
dc.date.available 2019-09-10T02:28:00Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3842
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21431
dc.description Abstract. At the boarding school program, there are 3 different learning methods are lectures, discussions, small group and large group discussions as well as the method of execution exam on the last day of boarding. In the lecture, the participants many were not paying attention to what is being said by the lecturer, so no student involvement in it, in small group discussions and large groups, the students can get involved in activities / tasks given, so that the flow can be seen. Based on this phenomenon, the problem in this research is formulated as follows: 1) Is there any effect on the flow of learning methods in participants Unisba boarding school freshman class in 2015? 2) learning method which is more effective to influence the participants boarding Unisba freshman class of 2015?. Researchers used a quasi experimental method with quantitative approach. The population in this study is that participants Unisba boarding new students as much as 219 people and the sample is a sample of the population. Data collection techniques used in this study was a questionnaire, and observation. Data analysis technique that is Friedman Test. The results of this research are: 1) There is the influence of the learning method to flow on the participant schools freshmen class of 2015. 2) There are differences in the level of Flow on teaching methods lectures, discussions, small group and large group discussion on the participant schools freshmen class of 2015. 3) the average score of flow rate on a large group discussion teaching methods higher than the average score on the flow rate of learning methods lectures, small group discussions and learning methods exam. 4) Methods large group discussion teaching method is the most effective in influencing the rate of flow, especially in its aspects. Abstrak. Pada program pesantren terdapat 3 metode pembelajaran yang berbeda yaitu ceramah, diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar serta metode ujian di hari terakhir pelaksanaan pesantren. Pada metode ceramah, para peserta banyakyang tidak memperhatikan apa yang sedang dibicarakan oleh dosen, sehingga tidak ada keterlibatan mahasiswa di dalamnya, pada diskusi kelompok kecil dan kelompok besar, para mahasiswa dapat terlibat pada kegiatan / tugas yang diberikan, sehingga flow dapat terlihat. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap flow pada peserta pesantren mahasiswa baru Unisba angkatan 2015? 2) Metode pembelajaran mana yang lebih efektif mempengaruhi peserta pesantren mahasiswa baru Unisba angkatan 2015? ?. Peneliti menggunakan metode quasi experimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi  pada penelitian ini ialah peserta pesantren mahasiswa baru Unisba sebanyak 219 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan observasi. Adapun teknik analisis data yang adalah Friedman Test. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap flow pada peserta pesantren mahasiswa baru angkatan 2015. 2) Terdapat perbedaan tingkat Flow pada metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar pada peserta pesantren mahasiswa baru angkatan 2015. 3) Skor rata-rata Tingkat Flow pada metode pembelajaran diskusi kelompok besar lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata tingkat flow pada metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok kecil dan metode pembelajaran ujian. 4) Metode pembelajaran diskusi kelompok besar adalah metode yang paling efektif dalam mempengaruhi tingkat flow terutama dalam aspek-aspeknya.
dc.description Pada program pesantren terdapat 3 metode pembelajaran yang berbeda yaitu ceramah, diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar serta metode ujian di hari terakhir pelaksanaan pesantren. Pada metode ceramah, para peserta banyakyang tidak memperhatikan apa yang sedang dibicarakan oleh dosen, sehingga tidak ada keterlibatan mahasiswa di dalamnya, pada diskusi kelompok kecil dan kelompok besar, para mahasiswa dapat terlibat pada kegiatan / tugas yang diberikan, sehingga flow dapat terlihat. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap flow pada peserta pesantren mahasiswa baru Unisba angkatan 2015? 2) Metode pembelajaran mana yang lebih efektif mempengaruhi peserta pesantren mahasiswa baru Unisba angkatan 2015? ?. Peneliti menggunakan metode quasi experimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi  pada penelitian ini ialah peserta pesantren mahasiswa baru Unisba sebanyak 219 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan observasi. Adapun teknik analisis data yang adalah Friedman Test. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap flow pada peserta pesantren mahasiswa baru angkatan 2015. 2) Terdapat perbedaan tingkat Flow pada metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar pada peserta pesantren mahasiswa baru angkatan 2015. 3) Skor rata-rata Tingkat Flow pada metode pembelajaran diskusi kelompok besar lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata tingkat flow pada metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok kecil dan metode pembelajaran ujian. 4) Metode pembelajaran diskusi kelompok besar adalah metode yang paling efektif dalam mempengaruhi tingkat flow terutama dalam aspek-aspeknya.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3842/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 632-635
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 632-635
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Flow, learning methods, participants boarding new students
dc.subject Psikologi
dc.subject Flow, Metode pembelajaran, Peserta pesantren mahasiswa baru
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Flow ( Studi pada Pesantren Mahasiswa Baru Unisba Angkatan 2015 )
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Flow ( Studi pada Pesantren Mahasiswa Baru Unisba Angkatan 2015 )
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account