Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Pada Guru Sekolah Luar Biasa Bina Anugrah di Lembang Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Fadillah, Ahmad
dc.creator Eryani, Ria Dewi
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:31:13Z
dc.date.available 2019-09-10T02:31:13Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7460
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21459
dc.description Guru SLB BA diberikan tugas dan wewenang ganda, selain mengajar para guru ada yang menjadi bagian kurikulum, kesiswaan, dan lain-lain. Sarana dan prasarana yang kurang memadai, gaji yang dirasa kurang, namun masih memiliki keyakinan akan kesuksesannya sebagai guru. Hampir semua guru memiliki kinerja yang sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 82,14%. Terdapat pula guru yang masih bertahan hingga lebih dari 8 tahun dan hal itu tidak terlepas dari dukungan sosial lingkungan. Sarafino (1994: 102) berpendapat bahwa dukungan sosial mengacu pada pemberian kenyamanan, perhatian, penghargaan, maupun bantuan dalam bentuk lainnya yang diterimanya individu dari orang lain ataupun dari kelompok. Sedangkan menurut Bandura (1997: 3) self efficacy merupakan keyakinan atau harapan seseorang tentang kapasitas dirinya dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu atau perilakunya saat ini dengan sukses. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan data empiris mengenai hubungan dukungan sosial dengan self efficacy pada guru di SLB BA di Lembang Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah luar biasa BA Lembang, populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 8 orang. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,435. Menurut kriteria Guildford 1965 (Noor, 2009) 0,435 termasuk kedalam  korelasi yang cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih terdapat variabel lain yang dapat mempengaruhi self efficacy, selain dukungan sosial pada guru sekolah luar biasa BA di Lembang Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7460/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 652-659
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 652-659
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Dukungan Sosial, Self Efficacy, Guru SLB
dc.title Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Pada Guru Sekolah Luar Biasa Bina Anugrah di Lembang Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account