Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Tentang Adiksi Game Online dan Faktor yang Mempengaruhinya pada Siswa Kelas XI SMA X Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Irawati, Resti
dc.creator Halimah, Lilim
dc.date 2018-08-05
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:31:26Z
dc.date.available 2019-09-10T02:31:26Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11268
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21461
dc.description Abstract. The main task of school students is learning. The XI grade students of SMA X Tasikmalaya spend more time playing online games so that online gaming activities disrupt their study time and rest. They play online games more than 4 hours a day and increase each day, feeling anxious if they cannot play online games, until they feel angry when someone reminds them to stop playing online games. The reason they play online is because they are interested in the look of the game, easy to play and easily accessible using Smarthphone. In addition they also said that they play online games because they want to relieve stress due to schoolwork, want to get new friends from the game, and want to improve their abilities and achievements in the games they play. The purpose of this study was to get an overview of online game addiction as well as the most influencing factors for students of class XI SMA X Tasikmalaya. The measuring instrument used was Game Addiction Scale (GAS) compiled by Lemmens Valkenburg, & Peter (2009) and questionnaires on factors that influenced online game addiction constructed by researchers based on the concept of Yee (2006). Research subjects were 78 people. The research method used is descriptive research with a quantitative approach that uses frequency distribution data analysis techniques. Based on the results of data processing showed as many as 55% of subjects experienced online game addiction and the other 45% did not experience online game addiction. The most influencing factor for online game addiction is the attraction factor of 39% while the subject experienced online game addiction with a 30% motivation factor.Keywords: online game addiction, factors, adolescentsAbstrak. Tugas utama siswa sekolah adalah belajar. Para siswa kelas XI SMA X Tasikmalaya lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain game online sehingga kegiatan bermain game online tersebut mengganggu waktu belajar dan istirahat mereka. Mereka bermain game online lebih dari 4 jam sehari dan semakin bertambah setiap harinya, merasa cemas apabila tidak dapat bermain game online, hingga merasa marah ketika ada yang mengingatkan mereka untuk berhenti bermain game online. Alasan mereka bermain game online karena mereka merasa tertarik dengan tampilan game tersebut, mudah dimainkan serta mudah diakses menggunakan smarthphone. Selain itu mereka juga mengatakan bahwa mereka bermain game online karena ingin menghilangkan stress karena tugas sekolah, ingin mendapatkan teman baru dari game tersebut, dan ingin meningkatkan kemampuan dan juga prestasi dalam game yang mereka mainkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran adiksi game online serta faktor yang paling mempengaruhinya pada siswa kelas XI SMA X Tasikmalaya. Alat ukur yang digunakan adalah Game addiction Scale (GAS) yang disusun Lemmens Valkenburg, & Peter (2009) dan kuisioner faktor-faktor yang mempengaruhi adiksi game online yang dikonstruksikan oleh peneliti berdasarkan konsep dari Yee (2006). Subjek penelitian berjumlah 78 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik analisis data distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan sebanyak 55% subjek mengalami adiksi game online dan sebanyak 45% lainnya tidak mengalami adiksi game online faktor yang paling mempengaruhi terjadinya adiksi game online adalah faktor atraksi sebesar 39%  sedangkan subjek yang mengalami adiksi game online dengan faktor motivasi 30%.Kata Kunci : adiksi game online, faktor, remaja
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11268/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/11268/2334
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 511-516
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 511-516
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi, Psikologi
dc.subject online game addiction, factors, adolescents
dc.title Studi Deskriptif Tentang Adiksi Game Online dan Faktor yang Mempengaruhinya pada Siswa Kelas XI SMA X Tasikmalaya
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account