Abstract. Hikmah Teladan Junior High School is a diverse school because there has students with special needs. This school teaches the attitude of helpingto all students particularly on students with special needs who are still in need of helping and guidance, but the problem is not all students can well behave to students with special needs. Students also showed a variety of self esteem. This study aimed to determine how closely the relationship between Self Esteem with Prosocial toward Hikmah Teladan Junior High School Cimahi. This study used quantitative methods. Instrument that used to collect data is self esteem scale compiled by researcher with reference to the theory of Self Esteem from Coopersmith and Prosocial scale compiled by researchers with reference to the theory of Prosocial of Eisenberg and Mussen. This study was conducted on 30 Hikmah Teladan Junior High School Cimahi. Data was analyzed by using non-parametric statistical techniques, correlation sprearman using SPSS. Based on the analysis of data obtained by the value of a positive correlation between self-esteem with prosocial, amounting to 0,404. The results showed that in this study that the higher self esteem, the higher prosocial behavior of HikmahTeladan Junior High School Cimahi student.Abstrak. Sekolah SMP Hikmah Teladan adalah sekolah yang memiliki siswa yang beragam karena terdapat siswa berkebutuhan khusus yang juga beragam. Pihak sekolah SMP Hikmah Teladan menanamkan sikap menolong kepada seluruh siswa di sekolah, khususnya terhadap siswa berkebutuhan khusus yang masih membutuhkan bantuan dan bimbingan, namun tidak semua siswa dapat berperilaku menolong terhadap siswa berkebutuhan khusus. Siswa pun menunjukan self esteem yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala Self Esteem yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Self Esteem dari Coopersmith dan skala Prososial disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Prososial dari Eisenberg dan Mussen. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic non parametric, korelasi sprearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi positif antara self esteem dengan prososial, yaitu sebesar 0,404. Hasil tersebut menunjukan bahwa dalam penelitian ini semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi pula perilaku prososial siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi.
Sekolah SMP Hikmah Teladan adalah sekolah yang memiliki siswa yang beragam karena terdapat siswa berkebutuhan khusus yang juga beragam. Pihak sekolah SMP Hikmah Teladan menanamkan sikap menolong kepada seluruh siswa di sekolah, khususnya terhadap siswa berkebutuhan khusus yang masih membutuhkan bantuan dan bimbingan, namun tidak semua siswa dapat berperilaku menolong terhadap siswa berkebutuhan khusus. Siswa pun menunjukan self esteem yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala Self Esteem yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Self Esteem dari Coopersmith dan skala Prososial disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Prososial dari Eisenberg dan Mussen. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic non parametric, korelasi sprearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi positif antara self esteem dengan prososial, yaitu sebesar 0,404. Hasil tersebut menunjukan bahwa dalam penelitian ini semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi pula perilaku prososial siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi.