Description:
Dalam kegiatan perkuliahan, sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011 mengobrol dengan teman, memainkan handphone, pasif, membolos kuliah, menunda-nunda tugas, mencontek, tidak memiliki jadwal belajar, dan saling mengandalkan dalam tugas kelompok. Hal-hal tersebut mengindikasikan rendahnya motivasi berprestasi karena mahasiswa memaknakan positif peran kelompok teman sebaya yang bermasalah dalam kegiatan belajar. Lebih lanjut, ada juga mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011 yang rajin belajar, memperhatikan dosen saat perkuliahan, dan mengerjakan tugas sendiri karena mereka memaknakan negatif peran kelompok teman sebaya yang bermasalah dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan berupa teknik simple random sampling dengan subjek sebanyak 110 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner peran kelompok teman sebaya berdasarkan teori dari Shaffer (1994) dan alat ukur motivasi berprestasi berdasarkan teori Gage dan Berliner (1976). Hasil penelitian didapatkan nilai korelasi sebesar -0,804 yang berarti terdapat hubungan negatif dengan tingkat korelasi tinggi antara peran kelompok teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011. Artinya semakin positif pemaknaan peran kelompok teman sebaya, maka semakin rendah motivasi berprestasi mahasiswa. Sebaliknya, semakin negatif pemaknaan peran kelompok teman sebaya, maka semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa.