Description:
Sekolah Menengah Pertama Terbuka Cibeunying Kidul adalah sekolah yang didirikan pemerintah untuk anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi, jarak tempuh dan waktu untuk menempuh pendidikan regular. Dalam proses mengajar para guru menghadapi banyak kendala atau hambatan dari dalam diri juga dari luar seperti siswa yang memiliki motivasi rendah sehingga sulit diatur dan sulit memahami pelajaran karena harus membagi waktu antara sekolah dan bekerja, guru juga dihadapkan pada kurangnya fasilitas di sekolah. Kendala tersebut cukup menyita waktu, tenaga dan harta para guru. Tetapi tidak memutuskan guru untuk berhenti mengajar, guru tetap bertahan mengajar siswa SMP Terbuka. Para guru berusaha melakukan yang terbaik untuk siswa-siswi dengan mengorbankan waktu, tenaga dan harta untuk mengajar siswa-siswi. Hal ini menggambarkan character strength yang dimiliki para guru. Character strength merupakan karakter yang mengarahkan individu pada pencapain atau trait positif yang terefleksikan dalam pikiran, perasaan dan tingkah laku. (Park, Peterson & Seligman, 2004).Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian ini adalah guru SMP Terbuka Cibeunying Kidul yang berjumlah 17 orang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Values In action-inventory Scale yang dimodifikasi peneliti sesuai dengan fenomena. Hasil penelitian menggambarkan bahwa signature strength yang dimiliki guru di SMP Terbuka Cibeunying Kidul adalah Persistence, Gratitude, Kindness, Forgiveness and Mercy dan Hope.