Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Pemberian Binaural Beats Terhadap Tingkat Inattention pada Siswa Mi Asih Putera (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Larasati, Arrini Cipta
dc.creator Nawangsih, Endah
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:15Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:15Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3749
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21693
dc.description Abstract. Attention Defisit Disorder is a behavioral disorder that is more experienced by children of school age. This disorder causes a child is difficult to sustain attention while receiving lessons in school. Impact their grades in school becomes lower than his classmates. This happens not because the low cognitive capacity, but because of an error in the brain that makes them difficult to concentrate the attention. Children with ADD typically havse an average IQ capacity or even above-average. There is multiple therapist to reduce behavioral inattention in children with ADD, one way is to use a brain wave therapy Binaural Beats. The purpose of this study was to look at changes in the level of inattention on MI Asih Putera students who have attention deficit disorder. The method used is an experimental method with experiment design Interrupted Time Series Design. Results from this study is the decrease rate of the inattention of high category with a score = 126 before treatment into the medium category with a score = 78.5 after being given treatment, which means there is a decrease of 37.7%. It can be concluded that the therapy Binaural Beats can be influential in reducing the intensity of inattention on MI Asih Putera Student with Attention Defisit Disorder. Abstrak. Gangguan Pemusatan Perhatian atau ADD merupakan suatu gangguan perilaku yang lebih banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah. Ganguan ini menyebabkan anak sulit untuk mempertahankan perhatiannya ketika menerima pelajaran disekolah. Dampaknya nilai-nilai mereka disekolah menjadi lebih rendah dibanding teman-teman sekelasnya. Hal tersebut terjadi bukan karena kapasitas kognitif yang rendah, melainkan karena adanya kesalahan pada otak yang membuat mereka sulit memusatkan perhatianya. Anak dengan ADD biasanya memiliki kapasitas IQ rata-rata atau bahkan diatas rata-rata.Terdapat berbagai macam terapi untuk menurunkan perilaku inattention  pada anak dengan ADD, salah satu caranya adalah terapi gelombang otak menggunakan Binaural Beats. Tujuan Penelitian ini untuk melihat perubahan tingkat inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen Interrupted Time Series Design. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penurunan tingkat inattention dari kategori sering dengan skor = 126 sebelum treatment menjadi kategori kadang-kadang dengan skor = 78,5 setelah diberikan treatment yang berarti terdapat penurunan sebesar 37,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi Binaural Beats dapat berpengaruh dalam menurunkan intensitas perilaku inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan Pemusatan Perhatian.
dc.description Gangguan Pemusatan Perhatian atau ADD merupakan suatu gangguan perilaku yang lebih banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah. Ganguan ini menyebabkan anak sulit untuk mempertahankan perhatiannya ketika menerima pelajaran disekolah. Dampaknya nilai-nilai mereka disekolah menjadi lebih rendah dibanding teman-teman sekelasnya. Hal tersebut terjadi bukan karena kapasitas kognitif yang rendah, melainkan karena adanya kesalahan pada otak yang membuat mereka sulit memusatkan perhatianya. Anak dengan ADD biasanya memiliki kapasitas IQ rata-rata atau bahkan diatas rata-rata.Terdapat berbagai macam terapi untuk menurunkan perilaku inattention  pada anak dengan ADD, salah satu caranya adalah terapi gelombang otak menggunakan Binaural Beats. Tujuan Penelitian ini untuk melihat perubahan tingkat inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen Interrupted Time Series Design. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penurunan tingkat inattention dari kategori sering dengan skor = 126 sebelum treatment menjadi kategori kadang-kadang dengan skor = 78,5 setelah diberikan treatment yang berarti terdapat penurunan sebesar 37,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi Binaural Beats dapat berpengaruh dalam menurunkan intensitas perilaku inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan Pemusatan Perhatian.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3749/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 430-435
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 430-435
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Attention Defisit Disorder, Binaural Beats, Inattention
dc.subject Psikologi
dc.subject Gangguan Pemusatan Perhatian, Binaural Beats, Inatensi.
dc.title Pengaruh Pemberian Binaural Beats Terhadap Tingkat Inattention pada Siswa Mi Asih Putera (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian)
dc.title Pengaruh Pemberian Binaural Beats Terhadap Tingkat Inattention pada Siswa Mi Asih Putera (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account