Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Sikap Mahasiswa 2015 Terhadap Metode Pembelajaran Pesantren Mahasiswa di Universitas Islam Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nur'amalia, Yanti
dc.creator Eryani, Ria Dewi
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:15Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:15Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3856
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21696
dc.description Abstract. The university can be meant as education institution that conducts education movement, and many various of skill such as : education, economics, law, psychology, technical language, and health. University of Islamic Bandung had mission in order that the graduation has qualification as Mujahid (Hero), Mujtahid (Researcher), and Mujaddid (Innovator), for achievement that qualification, not only through instructional process but also through carrying out new students Pesantren. Hopeful, after conducting Pesantren, the students are able to understand the materials that have been given and they are able to apply the science that they have got in their society where they stay. For acheiving that hope, teaching method becomes one of points which influent to understand the materials given. The method which is used in this study is Descriptive Method with amount of respondents are 120 student of 2015. The collecting data whish is conducted by using attitude questioner. The data that is gotten is 55% the positive students attitude, and 45% is the negative students attitude against instructional method in Pasantren. While students attitude in each instructional method is 62% positive attitude and 38% negative attitude against responsive method, 73% positive attitude and 27% negative attitude against simulations method, 44% positive attitude and 46% negative attitude against lecture method. Abstrak. Perguruan tinggi dapat diartikan dengan suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan berbagai macam keahlian, misalnya : bidang pendidikan, ekonomi, hukum, psikologi, teknik, kesehatan dan lain-lain. Universitas Islam Bandung memiliki misi agar lulusannya memiliki kualifikasi sebagai mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu). Guna mencapai kualifikasi tersebut, selain melalui pengajaran, juga melalui program pesantren mahasiswa baru. Harapan setelah pelaksanaan pesantren mahasiswa dapat lebih memahami mengenai materi-materi yang telah diberikan dan juga dapat mengaplikasikannya di masyarakat. Untuk mencapai harapan tersebut, metode mengajarpun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman materi yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 120 mahasiswa 2015. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner Sikap. Data yang diperoleh adalah 55% sikap mahasiswa positif dan 45% sikap mahasiswa negatif terhadap metode pembelajaran di pesantren. Sedangkan sikap mahasiswa pada masing-masing metode pembelajaran adalah 62% sikap positif dan 38,3% sikap negatif terhadap metode responsi, 73% sikap positif dan 27% sikap negatif terhadap metode simulasi, 44% sikap positif dan 56% sikap negatif terhadap metode ceramah.
dc.description Perguruan tinggi dapat diartikan dengan suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan berbagai macam keahlian, misalnya : bidang pendidikan, ekonomi, hukum, psikologi, teknik, kesehatan dan lain-lain. Universitas Islam Bandung memiliki misi agar lulusannya memiliki kualifikasi sebagai mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu). Guna mencapai kualifikasi tersebut, selain melalui pengajaran, juga melalui program pesantren mahasiswa baru. Harapan setelah pelaksanaan pesantren mahasiswa dapat lebih memahami mengenai materi-materi yang telah diberikan dan juga dapat mengaplikasikannya di masyarakat. Untuk mencapai harapan tersebut, metode mengajarpun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman materi yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 120 mahasiswa 2015. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner Sikap. Data yang diperoleh adalah 55% sikap mahasiswa positif dan 45% sikap mahasiswa negatif terhadap metode pembelajaran di pesantren. Sedangkan sikap mahasiswa pada masing-masing metode pembelajaran adalah 62% sikap positif dan 38,3% sikap negatif terhadap metode responsi, 73% sikap positif dan 27% sikap negatif terhadap metode simulasi, 44% sikap positif dan 56% sikap negatif terhadap metode ceramah.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3856/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 647-652
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 647-652
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Attitude, Instructional method, Pesantren of Unisba’s Student
dc.subject Psikologi
dc.subject Sikap, Metode pembelajaran, Pesantren Mahasiswa Unisba
dc.title Studi Deskriptif Sikap Mahasiswa 2015 Terhadap Metode Pembelajaran Pesantren Mahasiswa di Universitas Islam Bandung
dc.title Studi Deskriptif Sikap Mahasiswa 2015 Terhadap Metode Pembelajaran Pesantren Mahasiswa di Universitas Islam Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account