Description:
Abstrak. Kemudahan yang ditawarkan internet seperti akses 24 jam serta kemudahan melakukan transaksi online cenderung membuat konsumen melakukan pembelian yang tidak direncanakan dan lebih didasarkan oleh rasa suka. Pembelian yang lebih didasari emosi tanpa pertimbangan disebut juga dengan impulse buying (pembelian impulsif). Terdapat pengaruh eksternal dan internal yang mempengaruhi pembelian impulsif, yang mana termasuk dalam konsep locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keeratan hubungan antara locus of control dengan impulse buying yang dilakukan pada mahasiswi Unisba yang melakukan pembelian produk fashion secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional menggunakan teknik purposive sampling pada 100 orang mahasiswi Unisba yang pernah melakukan pembelian produk fashion secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin internal locus of control maka semakin rendah impulse buying. Kata Kunci: Transaksi Online, Impulse Buying, Locus of Control.