As Syifa Islamic Boarding school is a special education institution for elementary school children based on Islam Religion in Ciamis city. Their age is play age and they need their parents to guide them. However, students in As Syifa Islamic Boarding school have requirements to follow learning process from 03.30-20-30 WIB and stay away from their parents. The objective of the study is to find out the correlation between religiousity and children’s well-being on children class VI in As Syifa Islamic Boarding School in Ciamis city. The method used is correlation with 27 students of class VI as the sample of research population. The instrument used is a questionnaire about religiousity generated from Huber and amp;Huber 2012 and modified by the researcher, the questionnaire about children’s well-being is adapted from ISCIWeB Questionnaire. According to data processing results by using Spearman Rank correlation coefficient on self satisfaction domain 0.824, school satisfaction domain 0.814, interpersonal satisfaction domain 0.785 and satisfaction with the things they have 0.357. it can be concluded that there are high and low correlations between religiousity and children’s well-being on students of class IV in As Syifa Islamic Boarding school in Ciamis city.
Pondok Pesantren As Syifa merupakan salah satu lembaga pendidikan khusus anak usia sekolah dasar yang berlandaskan pada agama Islam yang berada di Kota Ciamis. Usia mereka merupakan usia bermain dan masih membutuhkan orangtua untuk mendampingi dan mengarahkan mereka, namun di Pondok pesantren As Syifa para santri memiliki tuntutan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dari pukul 03.30-20.30 WIB dan tinggal di pesantren yang jauh dari orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara religiusitas dengan children’s well-being pada santri kelas VI di Pondok Pesantren As Syifa Kota Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan siswa kelas VI sebanyak 27 santri. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner religiusitas yang diturunkan dari Huber & Huber 2012 kemudian dimodifikasi oleh peneliti dan alat ukur Children’s Well-being di adaptasi dari ISCIWeB Questionnare. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan koefisiensi korelasi Rank Spearman pada domain kepuasan terhadap diri sendiri / self 0.824, domain kepuasan terhadap sekolah 0.814, domain kepuasan terhadap hubungan dengan teman dan orang lain 0,785 dan domain kepuasan terhadap benda yang dimiliki 0,357. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa hubungan yang erat dan hubungan yang rendah antara religiuistas dengan Children’s Well-being pada santri kelas IV di Pondok Pesantren As Syifa Kota Ciamis.