Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Organizational Citizenship Behaviour Pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jabar Tengah Divisi Civil Mechanical Engineering Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Prasetya, Bayu Indra
dc.creator Widawati, Lisa
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:16Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:16Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3904
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21717
dc.description Abstract. PT. Telekomunikasi Indonesia as the only organization SOE (State Owned Enterprises) piece of information and communication, providing services and a complete telecommunications network in Indonesia. Witel Jabar central office as the telecommunications area of Bandung Raya. Employees are given all the facilities that support the work, almost fully using the internet network. Based on assessment data, a few years back almost all of the divisions had decreased performance of employees, but there are different condition in the sub division of Logistics and General supoort namely Civil Mechanical Engineering division. Performance of employees increased from previous years despite the reduction in the number of employees from 30 to 15 employees with responsibilities and duties are the same than before. Individual behavior as a form of satisfaction based on performance, not instructed formally. In this case the employees of PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jabar Central Division of Civil Mechanical Engineering have demonstrated behavior that leads to OCB, the behavior appeared since these employees are united in a team in the division Civil Mechanical Engineering, employees here are very diverse, there are employees of organic and non-organic (outsourcing) , Of the five dimensions of OCB that is if it is associated with behavior that seems on the employees of PT. Telkom Indonesia shows the line. The method used was a descriptive study with a population of 15 people. Based on the results of research using descriptive analysis techniques acquired 67% of employees into the Organizational Citizenship Behaviour high category, while the other 33% goes into the low category. Thus it can be concluded that the Organizational Citizenship Behaviour division Civil Mechanical Engineering organic employee PT. Telekomunikasi Indonesia Central Office Jabar Witel generally high with a percentage of 67%. Abstrak. PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai satu-satunya organisasi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) bagian informasi dan komunikasi, menyediakan jasa dan jaringan telekomunikasi yang lengkap di Indonesia. Kantor Witel Jabar tengah sebagai wilayah telekomunikasi untuk daerah Bandung Raya. Pegawai diberikan segala fasilitas yang menunjang dalam bekerja, hampir keseluruhannya menggunakan jaringan internet. Berdasarkan data penilaian kerja, beberapa tahun kebelakang hampir semua divisi sempat mengalami penurunan performa pegawai, namun keadaan berbeda terdapat di sub divisi Logistic and General Supoort yaitu divisi Civil Mechanical Engineering. Performa pegawai meningkat dari tahun-tahun sebelumnya meskipun terdapat pengurangan jumlah pegawai dari 30 menjadi 15 pegawai dengan tanggung jawab dan tugas yang sama dari sebelumnya. Perilaku individu  sebagai wujud dari kepuasan berdasarkan performa, tidak diperintahkan secara formal. Dalam hal ini para pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jabar Tengah Divisi Civil Mechanical Engineering telah menunjukkan perilaku yang mengarah pada OCB, perilaku tersebut muncul sejak para pegawai ini bersatu dalam sebuah tim kerja di divisi Civil Mechanical Engineering, pegawai disini sangat beragam, terdapat pegawai organik dan juga non organik (outsourcing). Dari lima dimensi OCB yang ada jika dikaitkan dengan perilaku yang nampak pada pegawai PT. Telkom Indonesia menunjukkan hal yang sejalan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan populasi sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisa deskriptif diperoleh 67% pegawai masuk ke dalam Organizational Citizenship Behaviour  kategori tinggi, sedangkan 33% lainnya masuk ke dalam kategori rendah. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Organizational Citizenship Behaviour  divisi Civil Mechanical Engineering pegawai organik PT. Telekomunikasi Indonesia Kantor Witel Jabar Tengah umumnya tinggi dengan presentase 67%.
dc.description PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai satu-satunya organisasi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) bagian informasi dan komunikasi, menyediakan jasa dan jaringan telekomunikasi yang lengkap di Indonesia. Kantor Witel Jabar tengah sebagai wilayah telekomunikasi untuk daerah Bandung Raya. Pegawai diberikan segala fasilitas yang menunjang dalam bekerja, hampir keseluruhannya menggunakan jaringan internet. Berdasarkan data penilaian kerja, beberapa tahun kebelakang hampir semua divisi sempat mengalami penurunan performa pegawai, namun keadaan berbeda terdapat di sub divisi Logistic and General Supoort yaitu divisi Civil Mechanical Engineering. Performa pegawai meningkat dari tahun-tahun sebelumnya meskipun terdapat pengurangan jumlah pegawai dari 30 menjadi 15 pegawai dengan tanggung jawab dan tugas yang sama dari sebelumnya. Perilaku individu  sebagai wujud dari kepuasan berdasarkan performa, tidak diperintahkan secara formal. Dalam hal ini para pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jabar Tengah Divisi Civil Mechanical Engineering telah menunjukkan perilaku yang mengarah pada OCB, perilaku tersebut muncul sejak para pegawai ini bersatu dalam sebuah tim kerja di divisi Civil Mechanical Engineering, pegawai disini sangat beragam, terdapat pegawai organik dan juga non organik (outsourcing). Dari lima dimensi OCB yang ada jika dikaitkan dengan perilaku yang nampak pada pegawai PT. Telkom Indonesia menunjukkan hal yang sejalan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan populasi sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisa deskriptif diperoleh 67% pegawai masuk ke dalam Organizational Citizenship Behaviour  kategori tinggi, sedangkan 33% lainnya masuk ke dalam kategori rendah. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Organizational Citizenship Behaviour  divisi Civil Mechanical Engineering pegawai organik PT. Telekomunikasi Indonesia Kantor Witel Jabar Tengah umumnya tinggi dengan presentase 67%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3904/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 712-717
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 712-717
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject OCB, Civil Mechanical Engineering, PT. Telekomunikasi Indonesia
dc.subject Psikologi
dc.subject OCB, Civil Mechanical Engineering, PT. Telekomunikasi Indonesia
dc.title Studi Deskriptif Organizational Citizenship Behaviour Pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jabar Tengah Divisi Civil Mechanical Engineering Kota Bandung
dc.title Studi Deskriptif Organizational Citizenship Behaviour Pegawai PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jabar Tengah Divisi Civil Mechanical Engineering Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Descriptive
dc.type Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account