Description:
Abstract. Business and Product Development division at the PT INTI (Persero) is the one that able to achive the highest target compare to their other divisions. Despite that achievement, there are still some employess who complain about work satisfaction’s issues. The objectives of this research is to find out profile the 31 subjects of the Business and Product Development division’s work satisfaction of PT INTI (Persero) based on Herzberg – two factor theory with reliability value measurement of 0.935 dissastifiers factor and 0.879 of sastisfiers factor. Based on the data analysis, 7 employees are on the high level of dissatisfiers and satisfiers; meanwhile 4 employees are on the high level of dissatisfiers with low levels of satisfiers; 11 employees are on the low disatisfiers level and high satisfiers level; 9 employees are on both low levels of the dissatisfiers and satisfiers.Keywords: PT INTI, Job Satisfaction, Herzberg Two Factor TheoryAbstrak. Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk di PT INTI (Persero) merupakan divisi yang mampu mencapai target tertinggi dibandingkan dengan divisi-divisi lain. Namun dibalik pencapaian target yang tinggi tersebut masih ada karyawan yang mengeluhkan beberapa hal dalam pekerjaannya yang diindikasi sebagai masalah kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran profil kepuasan kerja karyawan di Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk tersebut. Metoda yang digunakan adalah metoda deskriptif dengan menganalisis hasil kuesioner menggunakan skala likert yang telah dijawab oleh sebanyak 31 orang subjek penelitian. Pengukuran dilakukan berdasarkan two factor theory Herzberg dengan reliabilitas alat ukur sebesar 0,935 untuk faktor dissatisfiers dan 0,879 untuk faktor satisfiers. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui 7 orang karyawan berada pada kondisi dissatisfiers tinggi dan satisfiers tinggi; 4 orang karyawan di kondisi dissatisfiers tinggi dan satisfiers rendah; 11 orang karyawan di kondisi dissatisfiers rendah dan satisfiers tinggi; dan 9 orang karyawan di kondisi dissatisfiers rendah dan satisfiers rendah.Kata Kunci: PT INTI, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory