Abstract. PT Mandala Mulifinance is an open finance company and has been awarded several times in the best financing category and is a company that conducts business activities in the field of consumer financing, especially in motorcycle financing. However, the award is inseparable from the many demands that must be met by employees, thus causing high turnover of CRO employees who are the backbone of the company. Even so, there are employees who are still able to survive in the company and do a good job. The surviving CRO employee feels happy with the work they does. The purpose of this study was to determine the description of Psychological Well-Being in CRO Employees in PT Mandala Multifinance at West Java Region 2. The measuring instrument used was Ryff (1989) measuring instrument that had been translated into Indonesian. The method used in this study is a descriptive method with a quantitative approach conducted on 27 CRO employees. The results showed that as many as 20 CRO employees had high Psychological Well-Being and 7 low-level Psychological Well-Being employees.Keywords: Psychological Well-Being, Customer Relationship Officer, PT Mandala Multifinance Abstrak. PT Mandala Mulifinance adalah perusahaan finance terbuka dan telah beberapa kali mendapat penghargaan di kategori pembiayaan terbaik dan merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan usahanya di bidang pembiayaan konsumen, terutama pada pembiayaan sepeda motor. Akan tetapi penghargaan tersebut tidak lepas dari banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi oleh karyawan, sehingga menyebabkan tingginya turn-over karyawan CRO yang menjadi tulang punggung perusahaan. Walau demikian, terdapat karyawan yang masih mampu bertahan di perusahaan dan melakukan pekerjaan dengan baik. Karyawan CRO yang bertahan tersebut merasa senang dan bahagia dengan pekerjaan yang dilakukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Psychological Well-Being pada Karyawan CRO di PT Mandala Multifinance area Jabar 2. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Ryff (1989) yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada 27 karyawan CRO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 20 karyawan CRO memiliki Psychological Well-Being yang tinggi dan 7 karyawan memiliki Psychological Well-Being yang rendah.Kata Kunci: Psychological Well-Being, Customer Relationship Officer, PT Mandala Multifinance
PT Mandala Mulifinance adalah perusahaan finance terbuka dan telah beberapa kali mendapat penghargaan di kategori pembiayaan terbaik dan merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan usahanya di bidang pembiayaan konsumen, terutama pada pembiayaan sepeda motor. Akan tetapi penghargaan tersebut tidak lepas dari banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi oleh karyawan, sehingga menyebabkan tingginya turn-over karyawan CRO yang menjadi tulang punggung perusahaan. Walau demikian, terdapat karyawan yang masih mampu bertahan di perusahaan dan melakukan pekerjaan dengan baik. Karyawan CRO yang bertahan tersebut merasa senang dan bahagia dengan pekerjaan yang dilakukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Psychological Well-Being pada Karyawan CRO di PT Mandala Multifinance area Jabar 2. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Ryff (1989) yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada 27 karyawan CRO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 20 karyawan CRO memiliki Psychological Well-Being yang tinggi dan 7 karyawan memiliki Psychological Well-Being yang rendah.