Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Hardiness pada Ibu yang Memiliki Anak Tuna Rungu di TKLB SLB-B Negeri Cicendo

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Lestari, Isti Yusti
dc.creator Rahayu, Makmuroh Sri
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:21Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:21Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3725
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21766
dc.description Abstract. Mother is the major figure or known to be the primary caregiver for the child. Normal course of parenting often perceived difficult, these difficulties will become heavier when having a child with special needs such as hearing impairment. Researchers conducted interviews to mothers who have deaf children at the rate of TKLB SLB-B Negeri Cicendo, obtained the data is that most of them have admitted their difficulty in communicating, are less able to understand the intentions and desire of the child, the pressure from the environment of the community and the neighbors who give negative comments about her kid, and demands to be able to assist children to learn at home. The problem can be faced properly if it has the ability to control the events that are unpleasantand give meaning to positive towards the incident called hardiness (Kobasa, 2005). This research aims to describe the hardiness in mothers who have deaf children based on aspects of the hardiness : control, commitment and challenge. This research method using a descriptive study with analysis descriptive percentage. The number of respondents who researched is 18 persons. The instruments used are the hardiness scale. The results showed as 14 respondents (77.8%) had a high percentage of hardiness with a percentage of 83.3% aspects of control, 83.3% aspects of commitment and challenge 88.8%, while 4 respondents (22.2%) had the personality of hardiness in the medium category. Abstrak. Ibu merupakan figur utama atau yang dikenal menjadi pengasuh utama bagi anak. Pengasuhan terhadap anak normal saja seringkali dirasakan sulit, kesulitan tersebut akan menjadi lebih berat ketika memiliki anak yang berkebutuhan khusus seperti tunarungu. Wawancara yang dilakukan peneliti kepada ibu yang memiliki anak tunarungu di tingkat TKLB SLB-B Negeri Cicendo, didapatkan data bahwa kebanyakan dari mereka memang mengakui adanya kesulitan dalam berkomunikasi, kurang dapat memahami maksud dan keinginan dari anak, adanya tekanan dari lingkungan masyarakat maupun tetangga yang memberikan komentar negatif mengenai anaknya, hingga tuntutan untuk dapat mendampingi anak belajar di rumah. Masalah tersebut dapat dihadapi dengan baik jika memiliki kemampuan untuk mengendalikan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dan memberi makna positif terhadap kejadian tersebut yang disebut dengan hardiness (Kobasa,2005). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hardiness pada ibu yang memiliki anak tuna rungu berdasarkan aspek dari hardiness yaitu control, commitment dan challenge. Metode penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan analisis data dekriptif persentase. Jumlah responden yang diteliti adalah 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala hardiness. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 14 responden (77,8%) memiliki hardiness tinggi dengan persentasi aspek control sebesar 83,3%, commitment 83,3% dan challenge 88,8%, sedangkan 4 responden lainnya (22,2%) memiliki kepribadian hardiness dengan kategori sedang.
dc.description Ibu merupakan figur utama atau yang dikenal menjadi pengasuh utama bagi anak. Pengasuhan terhadap anak normal saja seringkali dirasakan sulit, kesulitan tersebut akan menjadi lebih berat ketika memiliki anak yang berkebutuhan khusus seperti tunarungu. Wawancara yang dilakukan peneliti kepada ibu yang memiliki anak tunarungu di tingkat TKLB SLB-B Negeri Cicendo, didapatkan data bahwa kebanyakan dari mereka memang mengakui adanya kesulitan dalam berkomunikasi, kurang dapat memahami maksud dan keinginan dari anak, adanya tekanan dari lingkungan masyarakat maupun tetangga yang memberikan komentar negatif mengenai anaknya, hingga tuntutan untuk dapat mendampingi anak belajar di rumah. Masalah tersebut dapat dihadapi dengan baik jika memiliki kemampuan untuk mengendalikan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dan memberi makna positif terhadap kejadian tersebut yang disebut dengan hardiness (Kobasa,2005). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hardiness pada ibu yang memiliki anak tuna rungu berdasarkan aspek dari hardiness yaitu control, commitment dan challenge. Metode penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan analisis data dekriptif persentase. Jumlah responden yang diteliti adalah 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala hardiness. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 14 responden (77,8%) memiliki hardiness tinggi dengan persentasi aspek control sebesar 83,3%, commitment 83,3% dan challenge 88,8%, sedangkan 4 responden lainnya (22,2%) memiliki kepribadian hardiness dengan kategori sedang.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3725/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 505-510
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 505-510
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Hardiness, Parenting, Maternal, Deaf Children
dc.subject Psikologi
dc.subject Hardiness, Pengasuhan, Ibu, Anak tuna rungu
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Hardiness pada Ibu yang Memiliki Anak Tuna Rungu di TKLB SLB-B Negeri Cicendo
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Hardiness pada Ibu yang Memiliki Anak Tuna Rungu di TKLB SLB-B Negeri Cicendo
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account