Description:
Game online berkembang pesat di Indonesia baik jumlah peminat juga variasi jenis gamenya. Pemain game online yang menggeluti permainan ini secara professional disebut professional gamers. Para professional gamers sangat terhanyut, sangat menikmati hingga lupa waktu saat bermain game online. Perilaku ini menunjukkan kondisi flow. Menurut Csikzentmihalyi (1997), flow experience adalah emosi positif yang dirasakan individu saat melakukan aktivitas dengan keterlibatan penuh. Emosi positif dalam flow berhubungan dengan peningkatan kemampuan dan performa. Dimensi Flow yaitu Challenge – skill balance, Action – awareness merging, Clear goals, Unambiguous feedback, Concentration on the task at hand, Sense of control, Loss of self-consciousness, Transformation of time, dan Autotelic experience. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek 50 professional gamers. Alat ukur memakai Flow State Scale 2 (FSS) yang diadaptasi peneliti. Diperoleh hasil, 39 professional gamers merasakan pengalaman flow dan 11 professional gamers tidak merasakan pengalaman flow. Terdapat 3 dimensi flow dirasakan semua professional gamers yaitu Concentration on the task at hand, Loss of self-consciousness, dan Autotelic experience. Kemudian 6 dimensi flow tidak dirasakan beberapa professional gamers yaitu Challenge – skill balance, Action – awareness merging, Clear goals, Unambiguous feedback, Sense of control, dan Transformation of time. Kesimpulan, sebagian besar professional gamers ini merasakan pengalaman flow saat bermain game online.