Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT FLOW PADA MAHASISWA X BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator DWIYANTI, EGA PUTRI
dc.creator ROSIANA, DEWI
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:23Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:23Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1261
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21790
dc.description Dalam pendidikan tidak semua mahasiswa terlibat dalam proses belajar. Padahal keterlibatan mahasiswa merupakan akar terbentuknya flow pada mahasiswa. Flow adalah keadaan mental yang sangat mendalam pada aktivitas, yang ditandai dengan sebuah perasaan yang bersemangat untuk fokus, keterlibatan mendalam dan enjoyment dalam proses aktivitas (Csikszentmihalyi, 1990, 1997). Agar terjadi pengalaman flow pada mahasiswa, salah satu aspek yang berpengaruh dalam proses belajar ialah Instructional and teacher factors atau metode pembelajaran. Pada mata kuliah strategi pemasaran terdapat metode pembelajaran yang berbeda yaitu seminar, praktikum lapangan dan diskusi kelompok besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada perbedaan tingkat flow pada ketiga metode pembelajaran dan melihat metode mana yang paling efektif dalam membentuk flow pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan menggunakan desain one group post test only. Pengumpulan data menggunakan Flow Short Scale dari Steffan Engeser (2008) dan Flow Questionnare dari Csikszentmihalyi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis varians (ANOVA). Hasil menunjukan F hitung  (6,245) > F tabel (2,75) serta taraf signifikansi α =  0,03 lebih kecil dari α = 0,05. Dari hasil tersebut, maka dapat dikemukakan ada perbedaan yang sangat signifikan tingkat Flow ditinjau dari metode pembelajaran pada mahasiswa. Rata-rata tingkat flow tertinggi pada metode pembelajaran praktikum lapangan dan terendah pada metode pembelajaran diskusi kelompok besar.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1261/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 317-323
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 317-323
dc.source 2460-6448
dc.subject PSIKOLGI
dc.subject Flow, Metode pembelajaran, mahasiswa
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT FLOW PADA MAHASISWA X BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account