Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Trait Kepribadian The Big Five dengan Celebrity Worship pada Komunitas Jkt48 West Java di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Meilisa, Tengku Farah
dc.creator Yanuvianti, Milda
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:24Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:24Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4096
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21818
dc.description Abstract. JKT48 already attracted much attention due to its unique concept. JKT48 increasingly proving its popularity with many communities in social media is utilized for fans to show their support to JKT48. The fans showed the behavior of cult of celebrity (Celebrity Worship). Various kinds of behavior displayed for fans to show their support, such as looking for information about his idols from social media or follow fansclub, collect items related to his idols, watch the theater or attending the performances of his idols, spend a lot of money to buy the albums and merchandise, sharing about his idols with fellow fans and friends, active following the gathering, some are shy and passionate when talking about JKT48, there are always unique ideas when gathering, and some were just silent during gathering. The purpose of this research is to gain empirical data about the relationship between the big five personality with celebrity worship at fans JKT48 particularly the aged early adulthood on JKT48 West Java FC in Bandung. Data retrieval using a measuring instrument of IPIP BFI (Big Five Inventory) and measuring instrument of CAS (Celebrity Attitude Scale) that have been modified by the researcher. The research subject is early adulthood fan JKT48 incorporated in West Java FC the number of samples are 35 fans.  Researcher using correlational analysis technique using a quantitative approach. Data analysis technique used in this research is Chi-Square and the results of this study are there is a positive relationship between trait extraversion with celebrity worship in category entertainment social and intense personal with χ2value each 7,296 and 5,019 (more than the value of χ2table 3.48). Abstrak. Sejak awal kemunculannya, JKT48 sudah menarik banyak perhatian karena konsep yang unik. JKT48 semakin membuktikan kepopulerannya dengan banyaknya komunitas di media sosial yang dimanfaatkan penggemar untuk menunjukkan dukungannya kepada JKT48. Penggemar tersebut menunjukan perilaku pemujaan terhadap selebriti (Celebrity Worship). Perilaku penggemar tersebut antara lain seperti mencari informasi mengenai idolanya baik dari dunia maya maupun mengikuti fansclub, mengumpulkan barang-barang berkaitan dengan idolanya, menonton teater atau hadir dalam pertunjukan idolanya, mengeluarkan banyak uang untuk membeli album dan merchandise, serta sharing mengenai idolanya dengan sesama penggemar dan teman dekat. Penggemar juga terlihat aktif mengikuti gathering, ada yang pemalu dan bersemangat ketika membicarakan JKT48, ada yang selalu mengeluarkan ide-ide unik ketika gathering, dan ada yang hanya diam saja ketika gathering. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara trait kepribadian the big five dengan celebrity worship pada penggemar JKT48 khususnya yang berusia dewasa awal pada komunitas JKT48 West Java FC di Bandung. Pengambilan data menggunakan alat ukur dari IPIP BFI (Big Five Inventory) dan alat ukur dari CAS (Celebrity Attitude Scale). Subjek penelitiannya adalah penggemar JKT48 yang tergabung dalam JKT48 West Java FC dan berusia dewasa awal dengan jumlah subjek sebanyak 35 orang.  Hasil pengukuran dengan menggunakan Chi-Square dan didapatkan bahwa ada hubungan antara trait extraversion dengan celebrity worship pada kategori entertainment social dan intense personal dengan nilai χ2 masing-masing 7.296 dan 5.019 (lebih besar dari nilai χ2tabel yaitu 3.48).
dc.description Sejak awal kemunculannya, JKT48 sudah menarik banyak perhatian karena konsep yang unik. JKT48 semakin membuktikan kepopulerannya dengan banyaknya komunitas di media sosial yang dimanfaatkan penggemar untuk menunjukkan dukungannya kepada JKT48. Penggemar tersebut menunjukan perilaku pemujaan terhadap selebriti (Celebrity Worship). Perilaku penggemar tersebut antara lain seperti mencari informasi mengenai idolanya baik dari dunia maya maupun mengikuti fansclub, mengumpulkan barang-barang berkaitan dengan idolanya, menonton teater atau hadir dalam pertunjukan idolanya, mengeluarkan banyak uang untuk membeli album dan merchandise, serta sharing mengenai idolanya dengan sesama penggemar dan teman dekat. Penggemar juga terlihat aktif mengikuti gathering, ada yang pemalu dan bersemangat ketika membicarakan JKT48, ada yang selalu mengeluarkan ide-ide unik ketika gathering, dan ada yang hanya diam saja ketika gathering. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara trait kepribadian the big five dengan celebrity worship pada penggemar JKT48 khususnya yang berusia dewasa awal pada komunitas JKT48 West Java FC di Bandung. Pengambilan data menggunakan alat ukur dari IPIP BFI (Big Five Inventory) dan alat ukur dari CAS (Celebrity Attitude Scale). Subjek penelitiannya adalah penggemar JKT48 yang tergabung dalam JKT48 West Java FC dan berusia dewasa awal dengan jumlah subjek sebanyak 35 orang.  Hasil pengukuran dengan menggunakan Chi-Square dan didapatkan bahwa ada hubungan antara trait extraversion dengan celebrity worship pada kategori entertainment social dan intense personal dengan nilai χ2 masing-masing 7.296 dan 5.019 (lebih besar dari nilai χ2tabel yaitu 3.48).
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4096/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 782-788
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 782-788
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject JKT48 fans, The Big Five Personality, Celebrity Worship
dc.subject Psikologi
dc.subject Penggemar JKT48, The Big Five Personality, Celebrity Worship
dc.title Hubungan antara Trait Kepribadian The Big Five dengan Celebrity Worship pada Komunitas Jkt48 West Java di Kota Bandung
dc.title Hubungan antara Trait Kepribadian The Big Five dengan Celebrity Worship pada Komunitas Jkt48 West Java di Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative, correlational
dc.type kuantitatif, korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account