Abstract. There are some of college student in Bandung that have difficulty to socialize in rel life, they hard to understand what people means and their desire, so their social need is fulfilled through Mobile Legends. Therefore, they keep playing until they feel hard to stop that habit. Mobile Legends is the first MOBA game that can be accessed on smartphone, so the player can accesse the game anytime and anywhere. One of the causes why people can be addicted is social skill. Social skill is someone’s behavior that appropriate to their social circle and it is done to achieve social goals (Yu-Hsien (Sharon) Wu, 2008). The purpose of this research is to see how strong is the relation between social skill and addiction to Mobile Legends. Social skill is measured by “Social Skill Inventory” constructed by Yu-Hsien (Sharon) Wu, while addiction to Mobile Legends is measured by “The Gaming Addiction Scale” constructed by Lemmens et al. The result of this research showed r = -0,141 and p = 0,457. It means there is a very weak and not significan relatin between social skill and addiction to Mobile Legends.Keywords: Social Skill, Addiction to Mobile Legends, College Students in Bandung Abstrak. Terdapat mahasiswa di Kota Bandung yang mengalami kesulitan untuk bersosialisasi di dunia nyata, mereka sulit memahami maksud dan keinginan orang lain, sehingga kebutuhan sosial mereka dipenuhi melalui game Mobile Legends. Oleh karena itu, mereka terus menerus bermain hingga mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaan bermain game online tersebut. Mobile Legends merupakan game berjenis MOBA pertama yang dapat diakses melalui smartphone, sehingga memudahkan pemainnya untuk mengakses kapan pun dan di mana pun. Salah satu penyebab seseorang menjadi adiksi game online adalah rendahnya keterampilan sosial. Keterampilan sosial adalah tingkah laku individu yang sesuai dengan lingkungan sosialnya yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sosialnya (Yu-Hsien (Sharon) Wu, 2008). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara keterampilan sosial dengan adiksi Mobile Legends. Keterampilan sosial diukur dengan Social Skill Inventory yang dikonstruksikan oleh Yu-Hsien (Sharon) Wu, sedangkan adiksi Mobile Legends diukur dengan The Gaming Addiction Scale yang dikonstruksikan oleh Lemmens dkk. Hasil penelitian didapatkan r = -0,141 dengan p = 0,457, artinya terdapat hubungan yang sangat rendah dan tidak signifikan antara keterampilan sosial dengan adiksi Mobile Legends.Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Adiksi Mobile Legends, Mahasiswa
There are some of college student in Bandung that have difficulty to socialize in rel life, they hard to understand what people means and their desire, so their social need is fulfilled through Mobile Legends. Therefore, they keep playing until they feel hard to stop that habit. Mobile Legends is the first MOBA game that can be accessed on smartphone, so the player can accesse the game anytime and anywhere. One of the causes why people can be addicted is social skill. Social skill is someone’s behavior that appropriate to their social circle and it is done to achieve social goals (Yu-Hsien (Sharon) Wu, 2008). The purpose of this research is to see how strong is the relation between social skill and addiction to Mobile Legends. Social skill is measured by “Social Skill Inventory” constructed by Yu-Hsien (Sharon) Wu, while addiction to Mobile Legends is measured by “The Gaming Addiction Scale” constructed by Lemmens et al. The result of this research showed r = -0,141 and p = 0,457. It means there is a very weak and not significan relatin between social skill and addiction to Mobile Legends. Terdapat mahasiswa di Kota Bandung yang mengalami kesulitan untuk bersosialisasi di dunia nyata, mereka sulit memahami maksud dan keinginan orang lain, sehingga kebutuhan sosial mereka dipenuhi melalui game Mobile Legends. Oleh karena itu, mereka terus menerus bermain hingga mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaan bermain game online tersebut. Mobile Legends merupakan game berjenis MOBA pertama yang dapat diakses melalui smartphone, sehingga memudahkan pemainnya untuk mengakses kapan pun dan di mana pun. Salah satu penyebab seseorang menjadi adiksi game online adalah rendahnya keterampilan sosial. Keterampilan sosial adalah tingkah laku individu yang sesuai dengan lingkungan sosialnya yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sosialnya (Yu-Hsien (Sharon) Wu, 2008). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara keterampilan sosial dengan adiksi Mobile Legends. Keterampilan sosial diukur dengan Social Skill Inventory yang dikonstruksikan oleh Yu-Hsien (Sharon) Wu, sedangkan adiksi Mobile Legends diukur dengan The Gaming Addiction Scale yang dikonstruksikan oleh Lemmens dkk. Hasil penelitian didapatkan r = -0,141 dengan p = 0,457, artinya terdapat hubungan yang sangat rendah dan tidak signifikan antara keterampilan sosial dengan adiksi Mobile Legends.