Dump truck’s productivity highly depends on its cycle time. Tire is one of the
main elements that determines cycle time. Good tire performance obtains small
amount of cycle time, therefore it increases dump truck’s productivity.
Effective and efficient tire management is needed to achieve optimum
performance. It can be done by evaluating its key performance indicators : tire
lifetime, tread utilization rate, and ton kilometer per hours.
Tire lifetime on Yokohama : 3145 hours, Bridgestone : 2828 hours, Michelin
7080 hours, Triangle : 1942 hours. Target for Yokohama and Triangle is 8190 hours,
Bridgestone and Michelin 8090 hours.
Tread utilization rate for Yokohama : 32,88 %, Michelin 56,82 %, and
Bridgestone : 46,26%, while the target is 85 %. Actual TKPH on Triangle is 321,467,
while the target is 270.
Lifetime and TUR don't meet their target (tires have been damaged earlier
than it should be). On the other hand, TKPH exceeds its target. The causes are as
follow : a non-standard tire pressure applied, poor hauling road conditions
(over-grade, slippery, sharp materials scattered along hauling road). As a result, the tires don’t have good performance. Therefore,
improvements on tire management are needed.
Produktivitas dump truck sangat tergantung dari waktu edarnya (cycle time). Salah satu elemen penting yang menentukan cycle time adalah kondisi ban. Apabila ban memiliki kinerja yang baik, maka cycle time yang diperoleh akan kecil dan akhirnya akan meningkatkan produktivitas dump truck itu sendiri. Pengelolaan ban yang efektif dan efisien diperlukan untuk memperoleh kinerja ban yang optimal. Hal itu dapat dilakukan dengan mengevaluasi indikator kinerja ban (key performance indicator) yang terdiri dari : umur pakai (lifetime), tingkat penggunaan tapak ban (tread utilization rate atau TUR), dan ton kilometer perjam (ton kilometer perhour atau TKPH). Umur pakai (lifetime) ban untuk merk Yokohama 3145 jam, Bridgestone 2828 jam, Michelin 7080 jam, dan Triangle 1942 jam. Target umur pakai untuk ban Yokohama dan Triangle adalah 8190 jam, sementara untuk ban Bridgestone dan Michelin adalah 8090. Tingkat Pemanfaatan Tapak Ban (tread utilization rate atau TUR) untuk ban Yokohama = 32,88%; Bridgestone = 46,26%; dan Michelin = 56,82%. Target yang ditetapkan oleh pabrikan adalah 85%. TKPH aktual ban merk Triangle adalah sebesar 321,467 sementara TKPH rating dari pabrikan adalah 270.Umur pakai dan tingkat penggunaan tapak semua merk ban yang digunakan pada unit dump truck tidak memenuhi target, sementara TKPH aktual melebihi target yang ditetapkan pabrik ban. Hasil tersebut menandakan kinerja ban tidak bagus, karena ban rusak sebelum waktunya. Penyebab rusaknya ban antara lain : tekanan ban yang tidak sesuai standar, kondisi jalan angkut yang buruk (kemiringan terlalu besar, licin, banyak tumpahan material), beban overload, slip. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan-perbaikan pada manajemen penggunaan ban.