Universitas Islam Bandung Repository

Evaluasi Jalan Angkut untuk Meningkatkan Produktivitas di PT Semen Padang, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Teknik
dc.contributor
dc.creator Saputra, Megap Perdana Alam
dc.creator Zainal, Zainal
dc.creator Solihin, Solihin
dc.date 2018-01-27
dc.date.accessioned 2019-09-12T01:33:50Z
dc.date.available 2019-09-12T01:33:50Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/9937
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22430
dc.description Abstract.Mining activities consists of Several stages: excavating, loading, and hauling. The most common hauling equipment used dump truck. Cycle time of productivity of the Dump Truck highly dependent on the haul road. The haul road conditions that meet the standard requirements will facilitate mining acivities vice versa the haul road conditions is not meeting standards requirements will hamper mining activities.            Haul road geometriy at PT Semen Padang at PT Semen Padang is not currently meet the ideal requirements for haul road 2 lanes. There are some segments of roads that need improvement either straight or bend road. Due to the ideal requirements for haul road 2 lanes for the width straight road is 24 m and for bend road is 27 m. With the current haul road condition has not been able to maximize the production of limestone, theoretical cycle time equals to 4.787 minutes while the time on actual cycle time is 21.37 minutes, then there is a time difference of 16.58 minutes.Based on the calculations performed, it is necessary to improve the roads for each road segment results of observation, and there is 1 bend that needs the addition of widening, so that cycle time of hauling can be optimalKeywords:Haul Road, Road GeometryAbstrak. Kegiatan Penambangan terdiri dari tahapan penggalian, pemuatan, dan pengangkutan. Alat angkut yang umum digunakan adalah dump truck. Produktivitas dump truck sangat tergantung dari waktu edarnya (cycle time) adalah kondisi jalan angkut. kondisi jalan angkut yang memenuhi persyaratan standar akan memperlancar aktivitas penambangan dan sebaliknya kondisi jalan angkut yang tidak memenuhi persyaratan standar akan menghambat aktivitas penambangan. Geometri jalan angkut pada PT. Semen Padang pada saat ini belum memenuhi persaratan yang baik untuk jalan angkut 2 jalur. Ada beberapa segmen jalan yang perlu di perbaikan, baik itu jalan lurus maupun tikungan, dikarena jalan angkut 2 jalur yang ideal pada kondisi jalan lurus yaitu, 24m dan jalan tikungan yaitu, 27m, dengan kondisi jalan angkut saat ini belum bisa memaksimalkan produksi batugamping, waktu edar teoritis didapat sebesar 4.787 menit sedangkan waktu edar aktual terdapat sebesar 21.37 menit. Selisih waktu edar teoritis dan aktual sebesar 16.58 menit.Berdasarkan perhitungan yang dilakukan maka perlu adanya perbaikan jalan untuk masing-masing jalan segmen yang hasil pengamatan, dan ada 1 tikungan yang perlu penambahan pelebaran, Sehingga waktu edar alat angkut dapat optimal.Kata Kunci:Jalan Angkut, Geometri Jalan
dc.description Abstrak: : Kegiatan Penambangan terdiri dari tahapan penggalian, pemuatan, dan pengangkutan. Alat angkut yang umum digunakan adalah dump truck. Produktivitas dump truck sangat tergantung dari waktu edarnya (cycle time) adalah kondisi jalan angkut. kondisi jalan angkut yang memenuhi persyaratan standar akan memperlancar aktivitas penambangan dan sebaliknya kondisi jalan angkut yang tidak memenuhi persyaratan standar akan menghambat aktivitas penambangan.Geometri jalan angkut pada PT. Semen Padang pada saat ini belum memenuhi persaratan yang baik untuk jalan angkut 2 jalur. Ada beberapa segmen jalan yang perlu di perbaikan, baik itu jalan lurus maupun tikungan, dikarena jalan angkut 2 jalur yang ideal pada kondisi jalan lurus yaitu, 24m dan jalan tikungan yaitu, 27m, dengan kondisi jalan angkut saat ini belum bisa memaksimalkan produksi batugamping, waktu edar teoritis didapat sebesar 4.787 menit sedangkan waktu edar aktual terdapat sebesar 21.37 menit. Selisih waktu edar teoritis dan aktual sebesar 16.58 menit.Berdasarkan perhitungan yang dilakukan maka perlu adanya perbaikan jalan untuk masing-masing jalan segmen yang hasil pengamatan, dan ada 1 tikungan yang perlu penambahan pelebaran, Sehingga waktu edar alat angkut dapat optimal. Kata Kunci: Jalan Angkut, Geometri Jalan. 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/9937/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/downloadSuppFile/9937/1849
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Teknik Pertambangan
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 4, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2018); 311-318
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 4, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2018); 311-318
dc.source 2460-6499
dc.subject Teknik Pertambangan
dc.subject Jalan Angkut, Geometri Jalan
dc.subject
dc.subject Kata Kunci: Jalan Angkut, Geometri Jalan.
dc.title Evaluasi Jalan Angkut untuk Meningkatkan Produktivitas di PT Semen Padang, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat
dc.title EVALUASI JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI PT SEMEN PADANG, KELURAHAN BATU GADANG, KECAMATAN LUBUK KILANGAN, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT.
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account