Universitas Islam Bandung Repository

Penentuan Laju Korosi dan Remaining Service Life (RSL) Pipa Transportasi Jalur 1 di PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Indramayu Jawa Barat – Plumpang Jakarta Utara

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Akbar, Fatwa Ath-thaariq
dc.creator Moralista, Elfida
dc.creator Sriyanti, Sriyanti
dc.date 2017-01-24
dc.date.accessioned 2019-09-12T01:39:46Z
dc.date.available 2019-09-12T01:39:46Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/5725
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22485
dc.description The use of metal in the development of technology and industry as one of the supporting material have a very large role, but in the use of it, it has many factors that led to the decreasing of the usability of these metals. One cause of this is the corrosion of the metal. Corrosion is  metal quality deterioration caused by environmental influences. There is a process of the corrosion caused by the electrochemical reaction. The surrounding environment can be either an acidic environment, the air, dew, fresh water, sea water, lake water, river water, ground water, petroleum and gas phase. This study was conducted to monitor the rate of corrosion of pipes contained oil transportation along the line 1 of Balongan, West Java, to Plumpang, North Jakarta. The tools used for measuring the thickness is a smart sensor AR ultrasonic thickness gauge 850. Furthermore, the thickness data used in the calculation of the rate of corrosion and the remaining service life (RSL). The method used to protect the pipe from external corrosion is a sacrificial anode cathodic protection system installed in the transportation pipeline. This method protects the pipe from interference environment by using magnesium sacrificial anodes to be sacrificed so that the pipes are not corroded.The rate of corrosion on the pipe transportation line 1 PT. Pertamina (Persero) West Java Balongan Fuel Terminal to Plumpang, North Jakarta ranges from 0.01524 mm / year up to 0.06905 mm / year. The corrosion rate can be considered excellent to oustanding. After calculating the residual lifespan of line 1 pipe transportation in PT. Pertamina (Persero) West Java Balongan Fuel Terminal to Plumpang, North Jakarta is known that the remaining service life (RSL) for the pipeline ranging from 0.78 years to 77.7 years. Penggunaan logam dalam perkembangan teknologi dan industri sebagai salah satu material penunjang sangat besar peranannya, akan tetapi dalam penggunaannya banyak faktor yang menyebabkan daya guna logam ini menurun. Salah satu penyebab hal tersebut adalah terjadinya korosi pada logam. Korosi merupakan penurunan kualitas logam yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Adapun proses korosi yang terjadi diakibatkan oleh reaksi elektrokimia. Di sini yang dimaksud dengan lingkungan sekelilingnya dapat berupa lingkungan asam, udara, embun, air tawar, air laut, air danau, air sungai, air tanah, minyak bumi dan fasa gas.. Penelitian ini dilakukan untukmemonitoring laju korosi pipa-pipa transportasi minyak yang terdapat sepanjang jalur 1 dari Balongan Jawa Barat, sampai Plumpang Jakarta Utara. Alat yang digunakan untuk pengukuran ketebalan adalah smart sensor ultrasonic thickness gauge AR 850. Selanjutnya data ketebalan digunakan dalam perhitungan laju korosi dan  remaining service life (RSL). Metode yang digunakan untuk melindungi pipa dari korosi eksternal adalah proteksi katodik sistem anoda korban yang dipasangpada pipa transportasi. Metode ini memproteksi pipa dari gangguan lingkungan sekitar dengan cara menggunakan anoda korban magnesium yang akan dikorbankan agar pipa todak terkorosi. Laju korosi pada pipa transportasi jalur 1PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Jawa Barat sampai Plumpang Jakarta Utara berkisar antara 0,01524 mm/tahun sampai dengan 0,06905 mm/tahun. Laju korosi tersebut dapat dikategorikan excellent sampai oustanding. Setelah dilakukan perhitungan remaining service life pipa transportasi jalur 1 PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Jawa Barat sampai Plumpang Jakarta Utara diketahui bahwa remaining service life (RSL) pipa tersebut berkisar antara 0,78 tahun sampai 77,7 tahun. 
dc.description Penggunaan logam dalam perkembangan teknologi dan industri sebagai salah satu material penunjang sangat besar peranannya, akan tetapi dalam penggunaannya banyak faktor yang menyebabkan daya guna logam ini menurun. Salah satu penyebab hal tersebut adalah terjadinya korosi pada logam. Korosi merupakan penurunan kualitas logam yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Adapun proses korosi yang terjadi diakibatkan oleh reaksi elektrokimia. Di sini yang dimaksud dengan lingkungan sekelilingnya dapat berupa lingkungan asam, udara, embun, air tawar, air laut, air danau, air sungai, air tanah, minyak bumi dan fasa gas.. Penelitian ini dilakukan untukmemonitoring laju korosi pipa-pipa transportasi minyak yang terdapat sepanjang jalur 1 dari Balongan Jawa Barat, sampai Plumpang Jakarta Utara. Alat yang digunakan untuk pengukuran ketebalan adalah smart sensor ultrasonic thickness gauge AR 850. Selanjutnya data ketebalan digunakan dalam perhitungan laju korosi dan  remaining service life (RSL). Metode yang digunakan untuk melindungi pipa dari korosi eksternal adalah proteksi katodik sistem anoda korban yang dipasangpada pipa transportasi. Metode ini memproteksi pipa dari gangguan lingkungan sekitar dengan cara menggunakan anoda korban magnesium yang akan dikorbankan agar pipa todak terkorosi. Laju korosi pada pipa transportasi jalur 1PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Jawa Barat sampai Plumpang Jakarta Utara berkisar antara 0,01524 mm/tahun sampai dengan 0,06905 mm/tahun. Laju korosi tersebut dapat dikategorikan excellent sampai oustanding. Setelah dilakukan perhitungan remaining service life pipa transportasi jalur 1 PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Jawa Barat sampai Plumpang Jakarta Utara diketahui bahwa remaining service life (RSL) pipa tersebut berkisar antara 0,78 tahun sampai 77,7 tahun.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/5725/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Teknik Pertambangan
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2017); 175-183
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2017); 175-183
dc.source 2460-6499
dc.subject Teknik Pertambangan
dc.subject Corrosion Rate, Remaining Service Life, Pipe, Oil Transportation, Smart Sensor Ultrasonic Thickness Gauge AR 850
dc.subject Teknik;Pertambangan
dc.subject Laju Korosi, Remaining Service Life, Pipa Transportasi Minyak, Smart Sensor Ultrasonic Thickness Gauge AR 850
dc.title Penentuan Laju Korosi dan Remaining Service Life (RSL) Pipa Transportasi Jalur 1 di PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Indramayu Jawa Barat – Plumpang Jakarta Utara
dc.title Penentuan Laju Korosi dan Remaining Service Life (RSL) Pipa Transportasi Jalur 1 di PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Indramayu Jawa Barat – Plumpang Jakarta Utara
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account