Universitas Islam Bandung Repository

Evaluasi Jalan Angkut dari Front Tambang Pasir Menuju Stockpile pada Penambangan Pasir di PT. Mitra Lintas Persada, Desa Girimukti Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Teknik
dc.contributor
dc.creator Firmantaka, Enda Hadian
dc.creator Maryanto, Maryanto
dc.creator Guntoro, Dono
dc.date 2018-01-27
dc.date.accessioned 2019-09-12T01:48:26Z
dc.date.available 2019-09-12T01:48:26Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/9902
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22640
dc.description Abstract. Hauling road is a necessary means in a mining activity. Because hauling road conditions determine the smoothness of mining activities, because of poor hauling road conditions will hamper mining activities and otherwise good hauling road conditions will accelerate mining activities and affect production results. Based on the calculations based on The American Association of State Highways and Transportation Officials (AASHTO) Manual Rural High Way Design 1973, the minimum width of haul roads to be traversed by Toyota Dyna 130 HT Truck is 6.8 meters for straight and 9 , 8 meters to curve road. And the slope of the bend (Superelevation) shall be made between 0.07 m / m - 0.166 m / m, the cross slope to be made is 14,584 cm with the material carrying capacity of 20,000 psf, it can withstand the load distributed on the road surface of 16,000,747 psf. After that travel time is not charged drum truck Toyota Dyna 130 HT is 165,766 seconds, while the condition is 306.77 seconds charged. Stopping distance on the straight road is 20.99 meters to 26.77 meters and for stopping distance on the bend is 7.19 meters to 45.9 meters.Keywords: Hauling Road Width, Cross Slope, Road Carrying Capacity Against Load, and Slope of RoadsAbstrak. Jalan angkut merupakan sarana yang diperlukan pada suatu kegiatan penambangan. Sebab kondisi jalan angkut sangat menentukan kelancaran kegiatan penambangan, karena kondisi jalan angkut yang kurang baik akan menghambat kegiatan penambangan dan sebaliknya kondisi jalan angkut yang baik akan memperlancar kegiatan penambangan dan mempengaruhi hasil produksi. Dari hasil perhitungan berdasarkan The American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) Manual Rural High Way Design 1973, lebar minimum jalan angkut agar dapat dilalui dengan baik oleh Truk Toyota Dyna 130 HT yang melintas adalah 6,8 meter untuk jalan lurus dan 9,8  meter untuk jalan tikungan. Dan kemiringan pada tikungan (Superelevasi) harus dibuat berkisar antara  0,07 m/m – 0,166 m/m, cross slope yang harus dibuat yaitu sebesar 14,584 cm dengan nilai daya dukung material sebesar 20.000 psf, maka dapat menahan beban yang didistribusikan pada permukaan jalan sebesar 16.000,747 psf. Setelah itu waktu tempuh tidak bermuatan drum truck Toyota Dyna 130 HT adalah 165,766 detik, sedangkan kondisi bermuatan adalah 306,77 detik. Jarak henti pada jalan lurus yaitu 20,99 meter sampai 26,77 meter dan untuk jarak henti pada tikungan yaitu 7,19 meter sampai  45,9 meter.Kata Kunci: Lebar Jalan Angkut, Cros Slope , Daya Dukung Jalan Terhadap Beban, dan Kemiringan Jalan Angkut
dc.description Jalan angkut merupakan sarana yang diperlukan pada suatu kegiatan penambangan. Sebab kondisi jalan angkut sangat menentukan kelancaran kegiatan penambangan, karena kondisi jalan angkut yang kurang baik akan menghambat kegiatan penambangan dan sebaliknya kondisi jalan angkut yang baik akan memperlancar kegiatan penambangan dan mempengaruhi hasil produksi. Dari hasil perhitungan berdasarkan The American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) Manual Rural High Way Design 1973, lebar minimum jalan angkut agar dapat dilalui dengan baik oleh Truk Toyota Dyna 130 HT yang melintas adalah 6,8 meter untuk jalan lurus dan 9,8  meter untuk jalan tikungan. Dan kemiringan pada tikungan (Superelevasi) harus dibuat berkisar antara  0,07 m/m – 0,166 m/m, cross slope yang harus dibuat yaitu sebesar 14,584 cm dengan nilai daya dukung material sebesar 20.000 psf, maka dapat menahan beban yang didistribusikan pada permukaan jalan sebesar 16.000,747 psf. Setelah itu waktu tempuh tidak bermuatan drum truck Toyota Dyna 130 HT adalah 165,766 detik, sedangkan kondisi bermuatan adalah 306,77 detik. Jarak henti pada jalan lurus yaitu 20,99 meter sampai 26,77 meter dan untuk jarak henti pada tikungan yaitu 7,19 meter sampai  45,9 meter.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/9902/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/downloadSuppFile/9902/1833
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Teknik Pertambangan
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 4, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2018); 296-303
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 4, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2018); 296-303
dc.source 2460-6499
dc.subject Teknik Pertambangan
dc.subject Lebar Jalan Angkut, Cros Slope , Daya Dukung Jalan Terhadap Beban, dan Kemiringan Jalan Angkut
dc.subject
dc.subject Lebar Jalan Angkut, Cros Slope , Daya Dukung Jalan Terhadap Beban, dan Kemiringan Jalan Angkut.
dc.title Evaluasi Jalan Angkut dari Front Tambang Pasir Menuju Stockpile pada Penambangan Pasir di PT. Mitra Lintas Persada, Desa Girimukti Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat
dc.title EVALUASI JALAN ANGKUT DARI FRONT TAMBANG PASIR MENUJU STOCKPILE PADA PENAMBANGAN PASIR DI PT. MITRA LINTAS PERSADA, DESA GIRIMUKTI KECAMATAN SAGULING KABUPATEN BANDUNG BARAT PROVINSI JAWA BARAT
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account