Universitas Islam Bandung Repository

Kajian Pengaruh Grade Resistance dan Rolling Resistance terhadap Produktivitas Pengangkutan Overburden di PT. Timah (Persero), Tbk Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nafis, Muhammad Fairuz
dc.creator Zaenal, Zaenal
dc.creator Guntoro, Dono
dc.date 2017-01-23
dc.date.accessioned 2019-09-12T01:48:28Z
dc.date.available 2019-09-12T01:48:28Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/5521
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22670
dc.description PT. Timah (Persero) Tbk is a State-Owned Enterprises (SOEs) engaged in the mining industry, especially in the mining of tin. PT. Timah (Persero) Tbk has two types of mines based on the location of the mine is mine and offshore mine. Land mine done by making an open pit, while the offshore mining is done by using a suction dredger. Tin mined by PT Timah (Persero) Tbk is an alluvial tin or secondary tin.PT. Timah (Persero) Tbk has several sites one of which is Tambang Besar 1.42 Pemali. TB 1.42 Pemali executed by the contractor, PT. Putra Tongga Samudra under the direct supervision of PT Timah (Persero) Tbk. TB 1.42 Pemali has a target of stripping the cover or mud at 2.016.880 BCM per year and the production of tin at BCM with cassiterite levels of 40-65% and recovery of 47%.The overburden removal is done on the material in the form of packed mud covering 11,864 hectares at an elevation of -13 to -30 meters above sea level with a natural density of 2.23 gr/cc, and swell factor 0.72. Resettlement activities carried out by an excavator unit Komtsu PC-400 LC-7 (Indonesia) serving nine units Articulated Dump Truck Terex TA 400. The overburden is located at block of May 2016 based on the work plan. Production target the removal of overburden by the work plan in 2016 amounted to 386,38 BCM per hour with 200 BCM per hour  of shift I. Overburden production with the current state of 193,436 BCM per hour. Problems that occur in overburden removal activities are not achieving target production and the frequent occurrence of slip on a conveyance on road segments 10 and 11, thus inhibiting production. In an effort to increase production needed to do the engineering for slope and type.Engineering road freight carried on the slope aspect and type of road. Corelation coefficient of grade toward production of conveyance equipment is 0,8299. Corelation coefficient of road type toward production of conveyance equipment is -0,9926. Engineering types of roads is done by changing the type of road into the road with pavement soil and rock are well maintained (rolling resistace 2%), so that production increased by 11.32%. Engineering slope of the road is done at segment 10 into 6,69o (11,73%) at first slope is 7,69o (13,55%), so that production increased by 0,13%.PT. Timah (Persero) Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang industri pertambangan khususnya pada kegiatan penambangan timah. PT. Timah (Persero) Tbk memiliki dua jenis tambang berdasarkan lokasi penambangannya yaitu tambang darat dan tambang laut atau lepas pantai. Tambang darat dilakukan dengan pembuatan open pit, sedangkan tambang lepas pantai dilakukan dengan penghisapan menggunakan kapal keruk. Timah yang ditambang oleh PT. Timah (Persero) Tbk merupakan endapan timah aluvial atau timah sekunder. PT. Timah (Persero) Tbk memiliki beberapa site panambangan salah satunya Tambang Besar 1.42 Pemali. TB 1.42 Pemali dijalankan oleh pihak kontraktor yaitu PT Putra Tongga Samudra dibawah pengawasan langsung oleh PT Timah (Persero) Tbk. TB 1.42 Pemali memiliki target pengupasan tanah penutup atau lumpur sebesar 2.016.880 BCM per tahun dan produksi timah sebesar BCM dengan kadar kasiterit sebesar 40-65 % dan recovery 47 %. Pemindahan tanah penutup dilakukan pada material berupa lumpur tertekan seluas 11,864 Ha pada elevasi -13 sampai -30 mdpl dengan densitas alami 2,23 gr/cc, dan swell factor 0,74. Kegiatan pemindahan tanah penutup dilakukan oleh satu unit excavator Komtsu PC-400 LC-7 (Indonesia) yang melayani sembilan unit Articulated Dump Truck Terex TA 400. Tanah Penutup yang dipindahkan terletak pada blok Mei 2016 berdasarkan rencana kerja. Target produksi pemindahan tanah penutup berdasarkan rencana kerja tahun 2016 sebesar 386,38 BCM per jam dengan target produksi shift I sebesar 200 BCM per jam. Produksi tanah penutup dengan kondisi saat ini sebesar 193,436 BCM per jam. Permasalah yang terjadi pada kegiatan pemindahan tanah penutup adalah belum tercapainya terget produksi, sehingga menghambat produksi. Dalam upaya peningkatan produksi perlu dilakukannya rekayasa terhadap kemiringan dan jenis jalan. Rekayasa jalan angkut dilakukakan pada aspek kemiringan dan jenis jalan. Koefisien korelasi kemiringan terhadap produksi alat angkut sebesar 0,8299. Koefisien korelasi jenis jalan terhadap produksi alat angkut sebesar -0,9926. Rekayasa jenis jalan dilakukan dengan mengganti material jalan menjadi jalan dengan  perkerasan tanah dan batu yang terpelihara dengan baik (tahanan gulir 2 %), sehingga produksi meningkat sebesar 11,32%. Rekayasa kemiringan jalan dilakukan pada segmen 10 diturunkan menjadi 6,69o (11,73%) dari kemiringan semula 7,69o (13,55%), sehingga produksi meningkat sebesar 0,13%. 
dc.description PT. Timah (Persero) Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang industri pertambangan khususnya pada kegiatan penambangan timah. PT. Timah (Persero) Tbk memiliki dua jenis tambang berdasarkan lokasi penambangannya yaitu tambang darat dan tambang laut atau lepas pantai. Tambang darat dilakukan dengan pembuatan open pit, sedangkan tambang lepas pantai dilakukan dengan penghisapan menggunakan kapal keruk. Timah yang ditambang oleh PT. Timah (Persero) Tbk merupakan endapan timah aluvial atau timah sekunder. PT. Timah (Persero) Tbk memiliki beberapa site panambangan salah satunya Tambang Besar 1.42 Pemali. TB 1.42 Pemali dijalankan oleh pihak kontraktor yaitu PT Putra Tongga Samudra dibawah pengawasan langsung oleh PT Timah (Persero) Tbk. TB 1.42 Pemali memiliki target pengupasan tanah penutup atau lumpur sebesar 2.016.880 BCM per tahun dan produksi timah sebesar BCM dengan kadar kasiterit sebesar 40-65 % dan recovery 47 %. Pemindahan tanah penutup dilakukan pada material berupa lumpur tertekan seluas 11,864 Ha pada elevasi -13 sampai -30 mdpl dengan densitas alami 2,23 gr/cc, dan swell factor 0,74. Kegiatan pemindahan tanah penutup dilakukan oleh satu unit excavator Komtsu PC-400 LC-7 (Indonesia) yang melayani sembilan unit Articulated Dump Truck Terex TA 400. Tanah Penutup yang dipindahkan terletak pada blok Mei 2016 berdasarkan rencana kerja. Target produksi pemindahan tanah penutup berdasarkan rencana kerja tahun 2016 sebesar 386,38 BCM per jam dengan target produksi shift I sebesar 200 BCM per jam. Produksi tanah penutup dengan kondisi saat ini sebesar 193,436 BCM per jam. Permasalah yang terjadi pada kegiatan pemindahan tanah penutup adalah belum tercapainya terget produksi, sehingga menghambat produksi. Dalam upaya peningkatan produksi perlu dilakukannya rekayasa terhadap kemiringan dan jenis jalan. Rekayasa jalan angkut dilakukakan pada aspek kemiringan dan jenis jalan. Koefisien korelasi kemiringan terhadap produksi alat angkut sebesar 0,8299. Koefisien korelasi jenis jalan terhadap produksi alat angkut sebesar -0,9926. Rekayasa jenis jalan dilakukan dengan mengganti material jalan menjadi jalan dengan  perkerasan tanah dan batu yang terpelihara dengan baik (tahanan gulir 2 %), sehingga produksi meningkat sebesar 11,32%. Rekayasa kemiringan jalan dilakukan pada segmen 10 diturunkan menjadi 6,69o (11,73%) dari kemiringan semula 7,69o (13,55%), sehingga produksi meningkat sebesar 0,13%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/view/5521/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pertambangan/article/downloadSuppFile/5521/950
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Teknik Pertambangan
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2017); 25-32
dc.source Prosiding Teknik Pertambangan; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Pertambangan (Februari, 2017); 25-32
dc.source 2460-6499
dc.subject Teknik Pertambangan
dc.subject Production, Excavator Komtsu PC-400 LC-7, Articulated Dump Truck Terex TA 400, Density, Swell Factor, Slope and Type of Road Engineering, Corelation Coefficient
dc.subject Teknik Pertambangan
dc.subject produksi ; produktivitas ; alat angkut ; simulasi gradeability curve ; koefisien korelasi ; regresi linear sederhana
dc.title Kajian Pengaruh Grade Resistance dan Rolling Resistance terhadap Produktivitas Pengangkutan Overburden di PT. Timah (Persero), Tbk Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
dc.title Kajian Pengaruh Grade Resistance dan Rolling Resistance terhadap Produktivitas Pengangkutan Overburden di PT. Timah (Persero), Tbk Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account