Abstract. School is one of educational institution that required by the community. Good schools of supported by individual which is in it .SMPN 18 need to improve its performance because of the absence the performance indicators that involving stakeholders of being essential or main. Performance is multidimensional that will bias, if is measured using of measurement or single standard. Therefore, performance is generally measured by comparison with various criteria or standards. To find out whether the objectives or performance indicators are achieved, the Performance Indicators (PI) are designed to determine the Key Performance Indicators (KPI). This research aimed to design KPI SMPN 18 by using Performance Prism method and can be proposed as a basic tool of performance measurement. The initial step in establishing KPI is to determine the stakeholders of SMPN 18, which then identify stakeholder satisfaction and stakeholder contributions, as well as the objectives, strategies, processes and capabilities of SMPN 18. Identify the PI based on the objectives of each stakeholder then weighted against the PI using pairwise comparison AHP (Analytical Hierarchy Process). The final step determines the KPI by identifying 10 PI that have the greatest weight.Keywords: stakeholder, Performance Prism, Analytical Hierarchy Process.Abstrak. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diperlukan oleh masyarakat. Sekolah yang baik tentu didukung oleh individu yang ada didalamnya. SMPN 18 perlu meningkatkan kinerjanya karena tidak adanya indikator kinerja yang melibatkan stakeholder yang penting atau utama. Karena kinerja itu bersifat multidimensional akan bias jika diukur dengan menggunakan pengukuran atau standar tunggal. Oleh karena itu umumnya kinerja diukur berdasarkan perbandingan dengan berbagai kriteria atau standar. Untuk mengetahui apakah tujuan atau indikator kinerja sudah tercapai maka dirancanglah Performance Indicators (PI) untuk menentukan Key Performance Indicators (KPI). Penelitian ini bertujuan merancang KPI SMPN 18 dengan menggunakan metode Performance Prism dan dapat dijadikan usulan sebagai alat dasar pengukuran kinerja. Langkah awal menentukan KPI adalah menentukan stakeholder SMPN 18, yang kemudian mengidentifikasi stakeholder satisfaction dan stakeholder contribution, serta Tujuan, strategi, proses, dan kapabilitas SMPN 18. Mengidentifikasi PI berdasarkan tujuan dari masing-masing stakeholder yang kemudian dilakukan pembobotan terhadap PI menggunakan pairwise comparison AHP (Analytical Hierarchy Process). Langkah terakhir menentukan KPI dengan mengidentifikasi 10 PI yang memiliki bobot terbesar.Kata Kunci: stakeholder, Performance Prism, Analytical Hierarchy Process.
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diperlukan oleh masyarakat. Sekolah yang baik tentu didukung oleh individu yang ada didalamnya. SMPN 18 perlu meningkatkan kinerjanya karena tidak adanya indikator kinerja yang melibatkan stakeholder yang penting atau utama. Karena kinerja itu bersifat multidimensional akan bias jika diukur dengan menggunakan pengukuran atau standar tunggal. Oleh karena itu umumnya kinerja diukur berdasarkan perbandingan dengan berbagai kriteria atau standar. Untuk mengetahui apakah tujuan atau indikator kinerja sudah tercapai maka dirancanglah Performance Indicators (PI) untuk menentukan Key Performance Indicators (KPI). Penelitian ini bertujuan merancang KPI SMPN 18 dengan menggunakan metode Performance Prism dan dapat dijadikan usulan sebagai alat dasar pengukuran kinerja. Langkah awal menentukan KPI adalah menentukan stakeholder SMPN 18, yang kemudian mengidentifikasi stakeholder satisfaction dan stakeholder contribution, serta Tujuan, strategi, proses, dan kapabilitas SMPN 18. Mengidentifikasi PI berdasarkan tujuan dari masing-masing stakeholder yang kemudian dilakukan pembobotan terhadap PI menggunakan pairwise comparison AHP (Analytical Hierarchy Process). Langkah terakhir menentukan KPI dengan mengidentifikasi 10 PI yang memiliki bobot terbesar