Universitas Islam Bandung Repository

Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. Retailindo)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Yasmine, Fathia
dc.creator Bachtiar, Iyan
dc.creator Rukmana, Asep Nana
dc.date 2017-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:05:43Z
dc.date.available 2019-09-12T02:05:43Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/6181
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22809
dc.description Abstract. Every business organization has goals and objectives to be achieved in order to improve the sustainability of its business, the performance measurement is required for the company to find out to what extent the company's performance. PT. Retailindo Jaya is a company in the retail sector where the company never did business performance measurement, so it is necessary to measure performance in order to know the state of the company. Based on this problem, the formulation of the problem, namely: (1) The existence of a complaint from the company that the company's performance is not maximized. (2) How is the translation of the vision, mission, goals and strategies into the company's strategic objectives? (3) How is the translation of the target company's strategy? (4) What steps to mapping the strategic objectives of the company? This study using Balanced Scorecard where this method consists of four main perspectives. In this study, the data sources were covered by internal data, literature and questionnaires using a sampling method where the number of respondents is 96 respondents who have been tested through the Slovin method. Results obtained from this research is of strategic objectives on the Financial Perspective, namely optimizing ROA, increased revenue and sales. For Customer, perspective is increased market share, customer, customer satisfaction. For Internal business, process perspective is product innovation, quality improvement and optimization of assets. For Learning and growth perspective is increased productivity, employee satisfaction and employee development. Abstrak. Setiap organisasi bisnis memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai agar dapat meningkatkan keberlangsungan bisnisnya, oleh karena itu diperlukan pengukuran kinerja agar perusahaan dapat mengetahui sejauh apa kinerja perusahaannya. PT. Retailindo Jaya merupakan perusahaan yang berada dalam bidang retail dimana didalam menjalankan bisnisnya perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja bisnisnya, sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja agar dapat diketahui keadaan perusahaan. Berdasarkan permasalahan ini maka dilakukan perumusan masalah yaitu: (1) Adanya keluhan dari pihak perusahaan bahwa kinerja perusahaan belum maksimal. (2) Bagaimanakah penjabaran visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategi? (3) Bagaimana penjabaran sasaran strategi perusahaan? (4) Bagaimana langkah memetakan sasaran strategi perusahaan? Penelitian ini menggunakan Balanced Scorecard dimana metode ini terdiri atas empat perspektif utama. Didalam penelitian ini sumber data yang dimiliki terdiri atas data internal, studi pustaka serta kuesioner menggunakan metode sampling dimana banyaknya responden sebesar 96 responden yang telah diuji melalui metode Slovin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sasaran strategi pada Perspektif Keuangan yaitu optimalisasi ROA, peningkatan pendapatan dan penjualan. Perspektif Konsumen yaitu peningkatan pangsa pasar, pelanggan dan kepuasan pelanggan. Perspektif proses bisnis internal yaitu inovasi produk, peningkatan kualitas dan optimalisasi aset. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu peningkatan produktivitas, kepuasan karyawan dan pengembangan karyawan.
dc.description Setiap organisasi bisnis memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai agar dapat meningkatkan keberlangsungan bisnisnya, oleh karena itu diperlukan pengukuran kinerja agar perusahaan dapat mengetahui sejauh apa kinerja perusahaannya. PT. Retailindo Jaya merupakan perusahaan yang berada dalam bidang retail dimana didalam menjalankan bisnisnya perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja bisnisnya, sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja agar dapat diketahui keadaan perusahaan. Berdasarkan permasalahan ini maka dilakukan perumusan masalah yaitu: (1) Adanya keluhan dari pihak perusahaan bahwa kinerja perusahaan belum maksimal. (2) Bagaimanakah penjabaran visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategi? (3) Bagaimana penjabaran sasaran strategi perusahaan? (4) Bagaimana langkah memetakan sasaran strategi perusahaan? Penelitian ini menggunakan Balanced Scorecard dimana metode ini terdiri atas empat perspektif utama. Didalam penelitian ini sumber data yang dimiliki terdiri atas data internal, studi pustaka serta kuesioner menggunakan metode sampling dimana banyaknya responden sebesar 96 responden yang telah diuji melalui metode Slovin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sasaran strategi pada Perspektif Keuangan yaitu optimalisasi ROA, peningkatan pendapatan dan penjualan. Perspektif Konsumen yaitu peningkatan pangsa pasar, pelanggan dan kepuasan pelanggan. Perspektif proses bisnis internal yaitu inovasi produk, peningkatan kualitas dan optimalisasi aset. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu peningkatan produktivitas, kepuasan karyawan dan pengembangan karyawan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/6181/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Teknik Industri
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Industri (Febaruari, 2017); 60-67
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Industri (Febaruari, 2017); 60-67
dc.source 2460-6502
dc.subject Industrial Engineering
dc.subject Balanced Scorecard, Performance, Strategic Goal
dc.subject Teknik Industri
dc.subject Balanced Scorecard, Kinerja, Sasaran Strategi
dc.title Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. Retailindo)
dc.title Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. Retailindo)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Balanced Scorecard


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account