Universitas Islam Bandung Repository

Usulan Jumlah Teller Optimal di Bank Mandiri Cabang Dago Kota Bandung dengan Menggunakan Model Tingkat Aspirasi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Teknik
dc.creator Sa'dan, Hammam Priyadi
dc.creator Amaranti, Reni
dc.creator Supena, Agus Nana
dc.date 2019-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:08:14Z
dc.date.available 2019-09-12T02:08:14Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/15538
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22874
dc.description Abstract, Bank Mandiri Branch Dago City of Bandung is one of the parties that receives satisfaction for satisfying service needs. The problem that often occurs in Bank Mandiri is Dago Branch, Bandung City, namely queue tellers.The queue process is a process that relates to the arrival of consumers in a service facility, then waits in a line (queue) if the service facility is busy, the consumer will wait and the consumer will leave the service facility when they have received service.The model of the Bank Mandiri queue system in Dago Branch, Bandung City is (M / M / 4) :( FCFS / ∞ / ∞). Where the arrival rate is Poisson distribution, the service time is exponentially distributed, the number of Teller is 4 Teller with several channel models - one phase, the first queue discipline comes - first served, the number of queues determined by Bank Mandiri Dago Branch Bandung is unlimited, and prospective buyers queue not categorized and open to the public.From the results of data processing, it is known that the queuing situation at 10 days of observation using 4 Tellers (actual conditions), was declared not effective. By using a 5 teller solution, the maximum waiting time is only 4.995 / 5 minutes per customer. This means that the optimal 5 ticket solution has fulfilled the aspirations requirements of the company, that is, the time to wait in the system is no more than 20 minutes, it has obtained service. Second, the percentage of the average unemployment time is not more than 25%.Keywords: queuing process, control notation, aspiration level modelAbstrak, Bank Mandiri Cabang Dago Kota Bandung adalah salah satu pihak yang berusaha memenuhi keinginan nasabah untuk memberikan pelayanan yang memuaskan. Permasalahan yang kerap terjadi di Bank Mandiri Cabang Dago Kota Bandung yaitu antrian teller.Proses antrian adalah suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan konsumen pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam suatu barisan (antrian) bila fasilitas pelayanan sedang sibuk, konsumen tersebut akan menunggn dan konsumen akan meninggalkan fasilitas pelayanan tersebut apabila sudah mendapatkan pelayanan.Model sistem antrian Bank Mandiri Cabang Dago Kota Bandung adalah (M/M/4):(FCFS/∞/∞). Dimana tingkat kedatangan bersdistribusi poisson, waktu pelayanan berdistribusi eksponensial, jumlah Teller sebanyak 4 Teller dengan model multiple channel – single phase, disiplin antrian first come – first served, banyaknya antrian yang ditentukan Bank Mandiri Cabang Dago Kota Bandung tidak terbatas, dan calon nasabah yang mengantri tidak dikategorikan dan terbuka untuk umum.Dari hasil pengolahan data, diketahui bahwa situasi antrian pada 10 hari pengamatan dengan menggunakan 4 Teller (kondisi aktual), dinyatakan belum efektif. Dengan menggunakan solusi 5 teller, waktu menunggu maksimal yaitu hanya sebesar 4,995 / 5 menit per nasabah. Artinya, solusi 5 loket optimal telah telah memenuhi syarat aspirasi dari pihak perusahaan yaitu waktu menunggu dalam sistem  tidak lebih dari 20 menit, sudah memperoleh layanan. Kedua, persentase rata-rata waktu menganggur tidak lebih dari 25%.Kata kunci : Proses antrian, Notasi kendall, Model tingkat aspirasi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/15538/pdf_3
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Teknik Industri
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 5, No 1, Prosiding Teknik Industri (Februari, 2019); 90 - 102
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 5, No 1, Prosiding Teknik Industri (Februari, 2019); 90 - 102
dc.source 2460-6502
dc.subject Teknik Industri
dc.subject Proses antrian, Notasi kendall, Model tingkat aspirasi
dc.title Usulan Jumlah Teller Optimal di Bank Mandiri Cabang Dago Kota Bandung dengan Menggunakan Model Tingkat Aspirasi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account