Universitas Islam Bandung Repository

Perancangan Bauran Pemasaran 7P dalam Bisnis Jasa Tour & Travel Pt. Eksotik Indonesia

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Teknik
dc.creator Firmansyah, Ridik
dc.creator Supena, Agus Nana
dc.creator Rukmana, Otong
dc.date 2019-01-27
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:08:15Z
dc.date.available 2019-09-12T02:08:15Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/16094
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22889
dc.description Abstract . PT.Ekotik Indonesia is engaged in travel services that offer travel services out of town. This company is growing rapidly but the services provided are not well structured. The purpose of this study is to identify perceptions of service and customer expectations, measure customer satisfaction gaps between perception and expectations, analyze service quality that needs to be improved and design a service improvement process at PT. Exotic Indonesia. The purpose of this study was to identify perceptions of customer service and expectations, measure customer satisfaction gaps between perception and expectations, analyze service quality that needs to be improved and design a service improvement process at PT Eksotik Indonesia. Based on these objectives, the steps taken are by setting and grouping priority problems, distributing questionnaires, testing validity and reliability, processing data using the IPA method, and calculating the satisfaction score and expectation score average, analyzing weak aspects of improvement and redesigning weak aspects. Based on the analysis, the proposed service process of PT. Exotic Indonesia is done by designing a Service Blueprint, Standard Operational Procedure (SOP) for employees and servicesKeywords: Improtance Perfomance Analysis, Service Blueprint, Oprational Standards ProcedureAbstrak.PT.Eksotik Indonesia bergerak dibidang jasa travel  yang menawarkan jasa perjalanan keluar kota. Perusahaan ini berkembang dengan pesat namun pelayanan yang diberikan belum terstruktur dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi pelayanan dan ekspekstasi pelanggan, mengukur gap  kepuasan pelanggan antara persepsi dan ekspektasi, menganalisis kualitas pelayanan yang perlu diperbaiki dan merancang proses perbaikan pelayanan pada PT. Eksotik Indonesia . Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi pelayanan dan ekspekstasi pelanggan, mengukur gap  kepuasan pelanggan antara persepsi dan ekspektasi, menganalisis kualitas pelayanan yang perlu diperbaiki dan merancang proses perbaikan pelayanan pada PT Eksotik Indonesia. Berdasarkan tujuan tersebut, langkah-langkah yang dilakukan yaitu dengan penetapan dan pengelompokan prioritas masalah, menyebarkan kuesioner, melakukan uji validitas dan reabilitas, mengolah data dengan menggunakan metode IPA, dan menghitung rata-rata score  atribut kepuasan dan ekspektasi, menganalisis Aspek yang lemah perbaikan dan perancangan ulang aspek yang lemah. Berdasarkan analisis, usulan proses pelayanan PT. Eksotik Indonesia  dilakukan dengan merancang Service Blueprint, Standar Oprational Procedur(SOP) untuk pegawai dan pelayanan.                                            Kata Kunci : Analisis Kinerja Penting, Cetak Biru Layanan, Prosedur Standar Operasional
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/16094/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Teknik Industri
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 5, No 1, Prosiding Teknik Industri (Februari, 2019); 221 - 226
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 5, No 1, Prosiding Teknik Industri (Februari, 2019); 221 - 226
dc.source 2460-6502
dc.subject Teknik Industri
dc.subject Analisis Kinerja Penting, Cetak Biru Layanan, Prosedur Standar Operasional
dc.title Perancangan Bauran Pemasaran 7P dalam Bisnis Jasa Tour & Travel Pt. Eksotik Indonesia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account