Abstract. Breakfast is the symbol of Morning’s routine. This routinity creates fast-selling movement in food-and-beverage business. CUPS {COFFEE & KITCHEN} Café is one-stop place which utilizing this moment. They serve breakfast menu as a program to attract their customers to taste breakfast in a fancy way. However, so many competitors like street food and others cafés become the obstacle. Therefore, the researcher was curious to know about the marketing communication strategy used. This research used qualitative data and qualitative descriptive method in 7P communication concept. The researcher collected data and analyzed in a systematic way by doing some interviews addressed to the Marketing Manager, observation, and library research. The conclusion is the researcher found that breakfast program proved successfully attract new customers in several segments, especially their segment which is middle-up customers. It proves that the marketing communication strategy used is really effective.Keywords: Café, marketing communication, breakfast Abstrak. Sarapan adalah symbol rutinitas pagi hari, kebiasaan ini menjadikan menu sarapan laris di tempat manapun, salah satunya CUPS {COFFEE & KITCHEN} dengan memilih konsep Coffee Shop menyajikan menu sarapan sebagai program untuk menarik minat masyarakat yang ingin mencoba sarapan dengan cara yang berbeda. Namun adanya pesaing seperti penyaji sarapan di gerobak kaki lima (tradisional) dan Coffee Shop lainya yang juga punya menu sarapan (modern) merupakan hambatan bagi program yang dibikin oleh marketing CUPS {COFFEE & KITCHEN} maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh marketing CUPS {COFFEE & KITCHEN}. Penelitian ini menggunakan data kualitatif metode kuantitatif deskriptif dengan konsep komunikasi 7P. Peneliti mengumpulkan, mengolah dan menganalisis secara sistematis mengenai strategi komunikasi pemasaran CUPS {COFFEE & KITCHEN} pada program sarapan pagi, dengan melakukan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang terkait dalam penelitian, yaitu pihak CUPS {COFFEE & KITCHEN}. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa program sarapan pagi terbukti berhasil untuk menarik pengunjung dari berbagai kalangan terutama sasaran khalayak yang dituju, ini membuktikan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sangatlah efektif sehingga bisa menjangkau target pasar dengan tepat sasaran.Kata Kunci: Coffee Shop, Komunikasi Pemasaran, Sarapan Pagi.
Abstract. Breakfast is the symbol of Morning’s routine. This routinity creates fast-selling movement in food-and-beverage business. CUPS {COFFEE & KITCHEN} Café is one-stop place which utilizing this moment. They serve breakfast menu as a program to attract their customers to taste breakfast in a fancy way. However, so many competitors like street food and others cafés become the obstacle. Therefore, the researcher was curious to know about the marketing communication strategy used. This research used qualitative data and qualitative descriptive method in 7P communication concept. The researcher collected data and analyzed in a systematic way by doing some interviews addressed to the Marketing Manager, observation, and library research. The conclusion is the researcher found that breakfast program proved successfully attract new customers in several segments, especially their segment which is middle-up customers. It proves that the marketing communication strategy used is really effective. Key words: Café, marketing communication, breakfast Abstrak. Sarapan adalah symbol rutinitas pagi hari, kebiasaan ini menjadikan menu sarapan laris di tempat manapun, salah satunya CUPS {COFFEE & KITCHEN} dengan memilih konsep Coffee Shop menyajikan menu sarapan sebagai program untuk menarik minat masyarakat yang ingin mencoba sarapan dengan cara yang berbeda. Namun adanya pesaing seperti penyaji sarapan di gerobak kaki lima (tradisional) dan Coffee Shop lainya yang juga punya menu sarapan (modern) merupakan hambatan bagi program yang dibikin oleh marketing CUPS {COFFEE & KITCHEN} maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh marketing CUPS {COFFEE & KITCHEN}. Penelitian ini menggunakan data kualitatif metode kuantitatif deskriptif dengan konsep komunikasi 7P. Peneliti mengumpulkan, mengolah dan menganalisis secara sistematis mengenai strategi komunikasi pemasaran CUPS {COFFEE & KITCHEN} pada program sarapan pagi, dengan melakukan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang terkait dalam penelitian, yaitu pihak CUPS {COFFEE & KITCHEN}. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa program sarapan pagi terbukti berhasil untuk menarik pengunjung dari berbagai kalangan terutama sasaran khalayak yang dituju, ini membuktikan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sangatlah efektif sehingga bisa menjangkau target pasar dengan tepat sasaran. Kata Kunci: Coffee Shop, Komunikasi Pemasaran, Sarapan Pagi.