Universitas Islam Bandung Repository

Impression Management MC Wedding di mc.bdg Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Utami, Maretha Jodya
dc.creator Mulyana, Dadan
dc.date 2018-08-08
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:11Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:11Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11926
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22946
dc.description Abstract. MC (Master of Ceremony) is the person who will lead an event regularly and neatly. MC who have a diverse image in the eyes of the people, as in the eyes of teenagers, housewives, workers, and traders. They will suppose that an MC is a cheerful, neat and relaxed person.The dramaturgy of life of MC has a purpose in research that is to know the front stage and backstage in the life of an MC. Research using qualitative research methodology with dramaturgy study approach, as for data collection technique that is interview, observation, documentation and literature study.Dramaturgy of an MC in facing their life which is divided into two sides, the front stage and backstage are different, where the front stage performs consisting of impression, facing the audience in an event, preparedness and appearance. The backstage that becomes real life is comprised of roles, the activities outside of working as an MC, side job and appearance.Keywords: Dramaturgy, Social Interaction, Social Role, Front Stage, Backstage.Abstrak. MC (master of ceremony) adalah seorang yang akan memimpin suatu acara secara teratur dan rapi. Seorang MC tentunya memiliki image yang beragam di mata masyarakat, seperti halnya di mata para remaja, ibu rumah tangga, pekerja, dan pedagang. Mereka akan beranggapan bahwa seorang MC adalah orang yang ceria, rapih dan santai. Dramaturgi kehidupan seorang MC (master of ceremony) memiliki tujuan dalam penelitian yaitu diantaranya untuk mengetahui panggung depan dan panggung belakang dalam kehidupan seorang MC. Penelitian yang menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi dramaturgi, adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan.Dramaturgi seorang MC dalam menghadapi kehidupannya yang terbagi menjadi dua sisi yaitu panggung depan dan panggung belakang memang beda adanya, dimana panggung depan menampilkan performance yang terdiri dari kesan, tindakan dalam menghadapi tamu dalam sebuah acara, kesiapsiagaan dan penampilan. Adapun panggung belakang yang menjadi dikehidupan sebenarnya ialah terdiri dari peran, kegiatan di luar jam kerja sebagai seorang MC, pekerjaan sampingan dan penampilan.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11926/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 555-562
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 555-562
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Dramaturgi, Interaksi Sosial, Peran Sosial, Panggung Depan, Panggung Belakang
dc.title Impression Management MC Wedding di mc.bdg Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account