Description:
Bisnis jasa travel shuttle sekarang ini sudah sangat berkembang terutama di Kota Bandung. Perusahaan jasa travel shuttle di Kota Bandung sangatlah banyak, mulai dari shuttle standar sampai shuttle premium semua tersedia. PT.Cipaganti Cipta Graha merupakan perusahaan pelopor bisnis jasa travel shuttle di Kota Bandung, dengan produknya Cipaganti Travel. Cipaganti Travel dijadikan acuan oleh travel shuttle lain dalam segi unit maupun layanan. Pada tahun 2014 PT.Cipaganti Cipta Graha mengalami penurunan yang sangat besar karena kasus penipuan dan penggelapan dana yang menimpa pemimpin perusahaan yang mengharuskan perusahaan untuk berhenti beroperasi. Pada tahun 2015, PT.Citra Maharlika Nusantara Corpora (CMNC) mengambil alih PT.Cipaganti Cipta Graha dan melakukan rebranding untuk seluruh unit usaha termasuk Cipaganti Travel. Rebranding yang dilakukan meliputi hampir seluruh elemen perusahaan dan menjadikannya seperti perusahaan baru. Rebranding yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan reputasi perusahaan dan juga menyelamatkan perusahaan dari kehancuran. Rebranding yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah rebranding produk Cipaganti Travel yang berubah menjadi MGo Shuttle. Promosi yang dilakukan tidak tidak hanya menarik penjualan namun juga menarik hubungan dengan pelanggan dan memberikan edukasi mengenai produk yang ditawarkan.Dari kasus tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai strategi marketing public relations PT.CMNC melalui rebranding produk jasa travel shuttle.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus utama dalam penelitian ini adalah rebranding yang dilakukan dan strategi marketing public relations, three ways strategy yaitu pull,push,pass strategy. Hasil dari penelitian ini adalah proses rebranding yang dilakukan oleh PT.CMNC diawali dari pergantian manajemen, lalu renaming, redesigning, relaunching dan repositioning. Promosi yang dilakukan oleh PT.CMNC adalah dengan mengikuti berbagai event baik itu sebagai pengisi maupun sponsorship, lalu mempromosikannya melalui berbagai media seperti flyer,spanduk,media cetak,radio, televisi dan juga media sosial. Selain melalui media media tersebut, perkenalan produk juga dilakukan langsung kepada konsumen saat melakukan reservasi dan perusahaan juga berusaha untuk mebuat hubungan yang erat dan baik dengan konsumen, hal tersebut dilakukan dengan cara melibatkan konsumen dalam beberapa event dan juga memberikan beberapa promo bagi konsumen.