Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan dengan Sikap Peserta

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Septiriani, Saras
dc.creator Nurrahmawati, Nurrahmawati
dc.date 2018-08-08
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:11Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:11Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11684
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22953
dc.description Abstract. The increasing media coverage of health issues especially vaccine in mid-2016 until the end of 2017 make some people restless and doubt about the use of vaccine which produce by PT Bio Farma (Persero). This situation makes PT Bio Farma as the only producer of vaccines in Indonesia has a responsibility to convince and provide further information to the public regarding the importance of vaccines and immunizations. Through the program of “Penerimaan Kunjungan Perusahaan”, is expected to provide clarity of information about the vaccine and health and the company profile, so the obtained information is no longer confusing and trust in the company can return. The purpose of this research is to determine the relationship between valence of information and weight of information in “Penerimaan Kunjungan Perusahaan” program of PT Bio Farma with the cognitive, affective, and conative attitude of participants to the company. The theory used in this research is information integration proposed by Martin Fishbein, while the method is a quantitative method with the correlational approach. The sample of this research were 90 participants of PT Bio Farma's visit. Research data obtained through questionnaires, interviews, observations, and literature study. The conclusion is there is a significant relationship between presentation of information in “Penerimaan Kunjungan Perusahaan” program of PT Bio Farma with the attitude of participants to company. This can be seen from the test results of 6 hypotheses that indicate that there are significant relationship between the valence and the weight of information with the attitude of participants to the company on the aspects of cognitive, affective, and conative.Keywords: valence of information, weight of information, public attitudesAbstrak. Maraknya pemberitaan di media massa mengenai isu kesehatan khususnya vaksin pada pertengahan tahun 2016 hingga akhir tahun 2017 membuat masyarakat resah dan ragu terhadap penggunaan vaksin produksi PT Bio Farma (Persero). Hal ini membuat PT Bio Farma sebagai satu-satunya produsen vaksin di Indonesia memiliki tugas besar untuk meyakinkan dan memberikan informasi yang lebih lanjut kepada masyarakat terkait pentingnya vaksin dan imunisasi. Melalui program kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan, diharapkan mampu memberikan kejelasan informasi mengenai vaksin dan kesehatan serta profil perusahaan, sehingga informasi yang diperoleh tidak lagi simpang siur dan publik semakin percaya terhadap PT Bio Farma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara valensi informasi dan bobot informasi dalam kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan PT Bio Farma dengan sikap kognitif, afektif, dan konatif peserta terhadap perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi informasi yang dikemukakan oleh Martin Fishbein. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah 90 orang peserta kunjungan perusahaan PT Bio Farma. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan cukup berarti antara sajian informasi dalam kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan PT Bio Farma dengan sikap peserta terhadap perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian 6 hipotesis yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan cukup berarti antara valensi dan bobot informasi dengan sikap peserta terhadap perusahaan pada aspek kognitif, afektif, dan konatif.Kata Kunci: valensi informasi, bobot informasi, sikap publik
dc.description Abstract. The increasing media coverage of health issues especially vaccine in mid-2016 until the end of 2017 make some people restless and doubt about the use of vaccine which produce by PT Bio Farma (Persero). This situation makes PT Bio Farma as the only producer of vaccines in Indonesia has a responsibility to convince and provide further information to the public regarding the importance of vaccines and immunizations. Through the program of “Penerimaan Kunjungan Perusahaan”, is expected to provide clarity of information about the vaccine and health and the company profile, so the obtained information is no longer confusing and trust in the company can return. The purpose of this research is to determine the relationship between valence of information and weight of information in “Penerimaan Kunjungan Perusahaan” program of PT Bio Farma with the cognitive, affective, and conative attitude of participants to the company. The theory used in this research is information integration proposed by Martin Fishbein, while the method is a quantitative method with the correlational approach. The sample of this research were 90 participants of PT Bio Farma's visit. Research data obtained through questionnaires, interviews, observations, and literature study. The conclusion is there is a significant relationship between presentation of information in “Penerimaan Kunjungan Perusahaan” program of PT Bio Farma with the attitude of participants to company. This can be seen from the test results of 6 hypotheses that indicate that there are significant relationship between the valence and the weight of information with the attitude of participants to the company on the aspects of cognitive, affective, and conative.Keywords: valence of information, weight of information, public attitudesAbstrak. Maraknya pemberitaan di media massa mengenai isu kesehatan khususnya vaksin pada pertengahan tahun 2016 hingga akhir tahun 2017 membuat masyarakat resah dan ragu terhadap penggunaan vaksin produksi PT Bio Farma (Persero). Hal ini membuat PT Bio Farma sebagai satu-satunya produsen vaksin di Indonesia memiliki tugas besar untuk meyakinkan dan memberikan informasi yang lebih lanjut kepada masyarakat terkait pentingnya vaksin dan imunisasi. Melalui program kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan, diharapkan mampu memberikan kejelasan informasi mengenai vaksin dan kesehatan serta profil perusahaan, sehingga informasi yang diperoleh tidak lagi simpang siur dan publik semakin percaya terhadap PT Bio Farma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara valensi informasi dan bobot informasi dalam kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan PT Bio Farma dengan sikap kognitif, afektif, dan konatif peserta terhadap perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi informasi yang dikemukakan oleh Martin Fishbein. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah 90 orang peserta kunjungan perusahaan PT Bio Farma. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan cukup berarti antara sajian informasi dalam kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan PT Bio Farma dengan sikap peserta terhadap perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian 6 hipotesis yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan cukup berarti antara valensi dan bobot informasi dengan sikap peserta terhadap perusahaan pada aspek kognitif, afektif, dan konatif.Kata Kunci: valensi informasi, bobot informasi, sikap publik
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11684/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 488-495
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 488-495
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject valensi informasi, bobot informasi, sikap publik
dc.subject
dc.subject Valensi Informasi, Bobot Informasi, Sikap Publik
dc.title Hubungan antara Kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan dengan Sikap Peserta
dc.title Hubungan antara Kegiatan Penerimaan Kunjungan Perusahaan dengan Sikap Peserta
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account