Description:
Media sosial memiliki perkembangan yang sangat pesat dan dapat diakses oleh siapa saja, karena memiliki jaringan yang sangat luas. Dari sekian banyak media sosial, yang paling sering diaskes adalah YouTube. YouTube digunakan sebagai media dalam menyebarkan berbagai informasi, salah satunya adalah mengenai konten kecantikan yang akan dibahas dalam penelitian ini. Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah video skin care routine pada channel YouTube Abel Cantika, dalam video tersebut memberikan informasi seputar kegiatan perawatan kulit wajah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikator yang ada pada video tersebut bisa mempengaruhi khalayak, dan pemanfaatan mengenai media sosial dalam penyebaran informasi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi menjadi bahan referensi terkait dengan media baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Pada penelitian ini sampel didapatkan melalui teknik multistage cluster random sampling. Hasil dari pengambilan sampel adalah mahasiswi Universitas Pasundan Bandung yang telah menonton dari video skin care routine tersebut. Hasil penelitian ini adalah proses internalisasi pada video skin care routine memperoleh skor maksimal, yaitu adanya sikap sangat positif yang dinilai tinggi oleh penonton. Lalu proses identifikasi pada video skin care routine memperoleh skor maksimal, yaitu adanya sikap sangat positif yang dinilai tinggi oleh penonton. Selanjutnya proses ketundukan pada video skin care routine memperoleh skor maksimal, tetapi adanya sikap positif karena mendekati rentang median dan skor dinilai tinggi oleh penonton. Hal ini memperlihatkan bahwa video skin care routine Abel Cantika tersebut dinilai efektif untuk menginformasikan mengenai perawatan kulit pada konten kecantikan di YouTube.