Description:
Abstract. The aim of this study is to know about the media relations management conducted by Humas Jabar as PR Strategy through “Jabar Punya Informasi” program. This study used case study qualitative study with approach used case study. The data collecting techniques were : interview, observation, documentation and literature review related to this research. The result from this research is 1) Humas Jabar build relationship with mass media through Dewan Pers as the legal institution for media verification and journalist 2) Humas Jabar providing services and facilities to the journalist when before and often the program 3) coordination between Humas Jabar and journalist while did the lobbying with the informant and when the publish the news 4) Humas Jabar doing the media relations regarding to the building relationship, building the image and attract public participant. However, there some facility there are several facilities considered less and need to be updated Abstrak. Program Jabar Punya Informasi (JAPRI) merupakan program terbaru yang dimiliki oleh Humas Pemprov Jabar, program ini memfasilitasi wartawan dalam mencari informasi maupun berita yang berkaitan dengan Pemprov Jabar dengan harapan melalui program ini informasi maupun berita mengenai Pemprov Jabar dapat disebar secara luas kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media relations yang dilakukan oleh Humas Pemprov Jabar sebagai strategi kehumasan melalui program JAPRI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta studi kepustakaan yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Humas Pemprov Jabar membangun relasi dengan wartawan media melalui Dewan Pers sebagai lembaga verifikasi media serta wartawan 2) Humas Pemprov Jabar memberikan pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada wartawan media pada saat pra acara hingga pasca pelaksanaan program JAPRI 3) Adanya kerjasama yang dilakukan oleh Humas Pemprov Jabar dengan wartawan media saat melakukan lobby narasumber serta dalam penerbitan berita 4) Humas Pemprov Jabar melakukan media relations sesuai dengan tupoksi humas dalam membangun relasi dan membentuk citra serta partispasi publik. Namun, masih terdapat beberapa fasilitas yang diarsa kurang dan perlu diperbaharui.