Description:
Strategi Community Development pada program kemitraan di PT. Taspen (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Bandung merupakan suatu langkah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang disusun senantiasa berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Community Development yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung pada program kemitraan dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan Data yang didapatkan dari penelitian ini dengan menggunakan studi pustaka, studi lapangan yaitu dengan wawancara, dan dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah Unit PKBL di PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung,Peneliti mendapat data responden dengan mewawancarai seorang Penanggungjawab di Unit PKBL dan seorang Pelaksana di Unit PKBL. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, peneliti mengambil kesimpulan bahwa Strategi untuk melakukan kegiatan Community Development diseimbangkan dengan strategi pelaksanaan yang disesuaikan dengan kemampuan dari PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung itu sendiri. Strategi Community Development yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung ialah pertama-tama mengkondisikan manajemen. Kedua, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Ketiga, melakukan sosialisasi Program. Keempat, mendorong sumber daya manusia yang memiliki potensi untuk dikembangkan yang berbasis kegiatan ekonomi. Kelima, program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Tbk KCU Bandung berporos pada masyarakat. Keenam, program pemberdayaan masyarakat sinergi dengan program pemerintah dan Undang-undang.